Ada beberapa jenis ikan yang bisa hidup di danau maupun di sungai, termasuk jenis ikan Jelawat. Bentuk tubuhnya memiliki sisik seperti ular. Apabila Jelawat di masak, maka akan memberikan rasa yang gurih dan juga lezat. Jelawat memiliki daging yang cukuplah tebal, sehingga sangat tepat jika dimasak gulai.

Selain rasanya yang enak dan gurih, Jelawat memiliki banyak sumber protein yang cukup banyak. Melalui sumber protein tersebutlah yang mampu memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Berikut ini manfaat sumber protein dari Jelawat, diantaranya:

  1. Dapat menyehatkan dan mengembangkan saraf maupun otot

Kandungan proteinnya yang cukup tinggi mampu menyehatkan sekaligus mengembangkan saraf dan otot tubuh. Terlebih lagi bagi Anda yang suka body building atau fitness, maka protein dari Jelawat sangatlah baik untuk dikonsumsi.

 

  1. Meningkatkan kinerja pencernaan dan meningkatkan pembuangan zat

Kandungan protein yang terdapat pada ikan Jelawat, mampu meningkatkan kinerja pencernaan dan dapat meningkatkan pembuangan zat-zat penting yang ada di dalam tubuh. Ditambah lagi dengan kandungan fosfor yang bermanfaat untuk menjaga gigi dan tulang supaya lebih kuat.

 

  1. Tonus otot yang dapat terjaga dengan baik

Tubuh manusia tidak hanya membutuhkan protein saja, akan tetapi untuk nutrisi pun juga dibutuhkan untuk bisa menunjang kebugaran dalam tubuh. Tonus otot dalam saluran pencernaan pun juga akan terjaga dengan baik.

 

  1. Mempunyai nilai ekspor yang baik

Selain mempunyai nilai ekspor yang cukup baik. Ternyata Jelawat juga dapat meningkatkan nilai ekonomi. Pada biasanya, Jelawat dijual dalam keadaan yang masih segar.

 

  1. Mengatasi penyakit gondok

Selain protein, kandungan yodium dalam Jelawat dapat digunakan untuk mencegah penyakit gondok. Bagi ibu hamil yang kekurangan yodium dapat menimbulkan bayi terlahir kretin dengan IG yang rendah.

Segala usia dapat menikmati rasa girih dan lezatnya ikan Jelawat. Tidak hanya kalangan dewasa saja yang dapat mengkonsumsinya, akan tetapi untuk ibu hamil dan anak-anak pun juga bisa mengkonsumsinya. Kandungan protein dan nutrisi yang dimiliki tersebutlah yang menjadikan segala usia dapat menikmatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *