Laptop saat ini sudah menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang. Bukan hanya sebagai alat bantu untuk bekerja, tetapi laptop juga menjadi salah satu sarana hiburan. Laptop memang lebih praktis dibandingkan dengan komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana. Tetapi laptop juga masih sama seperti perangkat komputer yang terkadang mengalami lemot tidak terduga. Jika sudah lemot tentunya pekerjaan di laptop menjadi tertunda. Maka dari itu laptop yang lemot pun harus segera diatasi.

Alasan Kenapa Laptop Lemot

Sebenarnya penyebab dari laptop yang lemot bisa sangat beragam. Misalnya, bisa jadi laptop anda lemot karena terlalu banyak aplikasi yang berjalan secara bersamaan. Jika hal ini terjadi, maka tidak heran jika laptop menjadi lemot. Biasanya ada beberapa aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika laptop menyala. Sebaiknya cek dahulu faktor yang satu ini.

Laptop bisa menjadi lemot juga karena sudah terlalu penuh. Bisa jadi harddisk laptop anda sudah hampir 95%, yang artinya hampir penuh. Banyaknya data di dalam laptop ini menjadi salah satu penyebab laptop menjadi lemot. Faktanya, harddisk yang hampir penuh memang memperlambat kinerja komputer. Maka dari itu sebaiknya back up dulu semua data anda, lalu kurangi data-data yang disimpan di dalam laptop.

Penyebab Laptop Lemot Karena Virus

Virus juga bisa menjadi alasan utama kenapa laptop anda berat untuk dijalankan. Tidak hanya bisa terjadi di komputer saja, tetapi laptop juga dapat mengalami virus. Virus ini bisa menyebabkan laptop menjadi lebih lambat. Maka dari itu sebaiknya anda lebih berhati-hati ketika akan menerima file, baik secara online dan offline. Dengan begitu laptop pun dapat terhindar dari virus-virus yang merugikan.

Sebenarnya untuk mengatasi virus anda dapat menggunakan antivirus. Tetapi tidak jarang juga malah antivirus yang terlalu aktif ini membuat laptop menjadi lebih lambat. Untuk mengatasi antivirus yang membuat laptop menjadi lemot, anda dapat melakukan scanning secara rutin pada waktu-waktu tertentu. Sehingga antivirus tidak harus selalu berjalan ketika laptop dinyalakan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *