Mempunyai anak umur 1 tahun memang sangat menyenangkan. Anak-anak dengan usia 1 tahun sedang sangat lucu-lucunya. Anak mulai aktif bergerak dan juga sudah mulai aktif mengeksplorasi dunianya. Anak mulai ingin mengetahui lebih banyak perihal dunianya serta apa yang ada di sekelilingnya. Anak-anak mulai memiliki aktivitas fisik. Pada ulang tahun pertamanya orang tua cenderung merasakan kebahagiaan tersendiri. Sebab anak yang dilahirkan sudah tumbuh menjadi anak yang sehat dan lucu. Biasanya orang tua yang lebih merasa bangga dan bahagia  ketika anaknya sudah mulai bisa tumbuh dan sudah mulai memasuki tahun pertama kehidupannya. Sebab melalui tahun pertama kehidupan anak memang bervariasi.

Ciri Anak Umur 1 Tahun Yang Sehat

Perkembangan anak umur 1 tahun pada masing-masing anak memang berbeda antara satu dengan lainnya. Masing-masing anak tidak bisa disamakan kemampuan serta kemauannya untuk bisa belajar agar tumbuh sesuai usianya. Akan tetapi ada panduan agar orang tua bisa memantau perkembangan anaknya pada usia 1 tahun:

  • Perkembangan otaknya, anak sudah mulai memahami adanya larangan untuk melakukan sesuatu. Akan tetapi dirinya belum bisa memaknai secara keseluruhan. Anak baru belajar bahwa dirinya merupakan sebuah pribadi yang tidak bisa disamakan dengan orang lainnya. Oleh karenanya para orang tua berperan penting dalam memberikan pemahaman kepada anak perihal apa yang dia ingin ketahui.
  • Anak berusia 1 tahun sudah mulai mengetahui siapa dirinya. Minimal ketika dipanggil sudah bisa memberikan responnya. Pada usia ini anak sudah mulai diajarkan untuk mengenali siapa namanya minimal. Sehingga ketika dipanggil anak akan menoleh. Anak pada usia 1 tahun memang sedang belajar untuk mengenali dirinya secara sederhana. Meskipun belum semuanya dan sepenuhnya bisa memahami akan dirinya sendiri, akan tetapi pemahaman tentang dirinya sudah mulai terbentuk. Disinilah peran orang tua sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anak akan siapa dirinya yang sebenarnya. Pengenalan diri anak terhadap dirinya sendiri merupakan tahapan yang sangat penting. Oleh karenanya, orang tua memiliki keajiban untuk memberikan pendampingan kepada anak.
  • Anak sudah mulai memberikan respon terhadap perintah. Misalnya saja, anda memerintahkan untuk mengambil baju atau sepatunya, maka anak usia 1 tahun sudah mulai memahami hal itu. Meskipun belum bisa mengerjakan dengan baik, akan tetapi anak sudah mulai mengerti dengan cara memberikan respon sederhana terhadap perintah yang diberikan kepadanya. Sehingga orang tua bisa melatih kepada anak untuk perintah-perintah sederhana agar anak mulai memiliki kosa kata yang lebih banyak. Perintah seperti dadah sudah mulai bisa dipahaminya dengan baik dan mulai belajar untuk dikerjakannya. Mengajarkan hal sederhana pada anak bisa memberikan pengaruh positif untuk perkembangannya.
  • Secara emosional, anak pada usia 1 tahun belum memiliki emosi yang stabil. Kadang anak mudah menangis dan kadang anak menjadi mudah sekali marah dan terkadang anak menjadi mudah sekali tertawa akan sesuatu yang sederhana. Misalnya orang tua mengajaknya untuk bermain petak umpet, anak pada usia 1 tahun sudah mulai menunjukkan respon yakni sudah mulai tertawa dan mulai menikmati permainan dengan baik. Meskipun belum bisa memahaminya, akan tetapi anak sudah mulai belajar untuk mengenali emosinya sendiri. Perkembangan emosional anak yang cenderung masih belum stabil ini yang harus disikapi dengan baik oleh orang tuanya agar anak bisa mudah belajar memahami apa yang dirasakan oleh anak.

Perkembangan Sosial Anak

Anak umur 1 tahun memiliki perkembangan sosial yang cenderung cepat. Anak-anak mulai memahami bahwa dirinya sangat tergantung dengan orang tua. Anak akan merasa tidak tenang jika tidur tidak didampingi oleh orang tua. Sehingga jika anak tidur ditinggalkan orang tuanya biasanya anak akan merasa tidak tenang tidurnya. Memiliki rasa takut dengan kehadiran orang baru merupakan hal yang wjar. Sebab yang dikenalnya pada masa tahun pertama pertumbuhan dan perkembangannya adalah orang tuanya saja. Selain itu keluarga terdekatnya juga menjadi orang dewasa pertama yang dikenalinya. Anak sebaiknya mulai diajarkan untuk percaya pada orang dewasa sehingga anak tumbuh memiliki pribadi yang baik serta perkembangan psikologisnya.

Pada usia 1 tahun anak memiliki kecenderungan untuk belum bisa berbagi. Sehingga orang yang lebih besar dan lebih tua harus memahami akan hal itu. Tidak jarang ketika anak tersebut memiliki kakak, maka kecenderungan masih akan sering berebut. Misalnya anak masih sering berebut mainan dengan kakaknya. Oleh karena itu sang kakak juga harus diberikan pengertian bahwa adiknya masih belum mengetahui makna berbagi. Perkembangan emosional anak akan tumbuh baik seiring dengan pertumbuhan fisik dan kemampuan motorik anak. Ketika  kemanpuan motorik anak semakin bagus, maka emosionalnya juga akan mulai bisa tertata dengan baik.

Pemberian nutrisi yang baik pada anak memiliki pengaruh positif untuk membuat anak memiliki kemampuan motorik yang semakin baik. Salah satunya dengan memberikan vitamin anak yang memiliki manfaat yang cukup besar untuk perkembangan dan pertumbuhan kemampuan motoriknya. Sehingga pemberian vitamin khusus memang direkomendasikan untuk diberikan kepada anak untuk membuat pertumbuhannya lebih maksimal selain itu bisa memastikan bahwa anak menjadi lebih sehat jika diberikan vitamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *