Kecerdasan tentu harus diasah terus menerus agar bisa semakin maju. Percuma menjalani sekolah sampai tinggi jika tidak selalu mengasah dan mempelajari lagi apa yang diterima di bangku sekolah. Kebanyakan orang akan berpikir bahwa mereka tidak perlu lagi mempelajari apa yang pernah dipelajarinya di sekolah atau di perguruan tinggi.

 

Apalagi jika kita sudah lulus serta mendapat pekerjaan yang tidak berhubungan dengan materi yang diajarkan di sekolah. Nyatanya, bekal yang didapat dari sekolah tidak akan cukup untuk bersaing dengan kebutuhan serta tuntutan zaman sekarang. Sebagai contoh adalah kemampuan dalam berbahasa asing terutama bahasa Inggris.

 

Untungnya, sekarang tidak perlu repot lagi apabila kita hendak mengasah kemampuan masing-masing. Hanya berbekal ponsel masing-masing, kita sudah bisa melakukannya. Ada banyak aplikasi pintar yang tersedia secara gratis di PlayStore serta bisa diunduh untuk memaksimalkan kemampuan diri sendiri.

 

Mencerdaskan diri sendiri itu penting dan tergolong mudah berkat kecanggihan teknologi yang ada. Kita bahkan bisa melakukannya di waktu luang atau ketika sedang tidak memiliki kegiatan lain. Penggunaan aplikasi-aplikasi berikut juga terbilang mudah dan sederhana. Yang diperlukan adalah ketelatenan dalam melakukannya agar didapat hasil maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

pixabay.com

Rekomendasi Aplikasi Pintar

 

Jika kita sudah siap untuk mengasah kemampuan diri, berikut adalah beberapa aplikasi yang bisa membantu.

 

  1. Wikipedia

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan Wikipedia. Aplikasi ini berisi segala jenis informasi yang bisa kita temukan secara detail dan juga menyeluruh. Informasi yang terdapat pun sangat beragam, mulai dari biografi publik figur, binatang, tumbuhan, film, musik, lokasi bersejarah, dan masih banyak lagi.

 

Biasanya, orang-orang akan membuka situs ataupun aplikasi ini saat sibuk melakukan riset atau ketika tengah membuat thesis. Wikipedia juga memperbolehkan perubahan konten yang dapat dilakukan oleh para ahli. Tidak heran jika informasi yang terkandung di dalamnya sangat lengkap serta dapat dipertanggungjawabkan. Ini karena isinya tidak didasarkan dari satu atau dua orang saja namun ribuan orang yang berasal dari seluruh dunia.

  1. Teka-teki Silang TTS Update Terbaru Februari 2019

Aplikasi pintar berikutnya adalah TTS atau Teka Teki Silang. Kita tentu pernah bermain teka teki silang, biasanya permainan ini terdapat di sebuah buku khusus yang semua halamannya berisi permainan TTS. Kita harus bisa mengisi kotak-kotak jawaban secara mendatar atau menurun dengan benar agar saling berkesinambungan satu sama lain.

 

Di era digital seperti sekarang, TTS tidak hanya tersedia dalam bentuk buku namun juga aplikasi online. Game puzzle ini akan bisa dimainkan sembari mengusir kebosanan. Selain bisa menguji wawasan, bukan tidak mungkin permainan TTS akan dapat menambah pengetahuan. Versi aplikasi dari permainan ini memungkinkan kita mendapat TTS baru tiap bulan sehingga sangat variatif.

pixabay.com
  1. DuoLingo

Aplikasi Android satu ini telah terkenal karena bisa membantu pemakainya dalam mempelajari bahasa asing. Bahkan, bagi kita yang baru berkenalan dengan satu bahasa asing akan sangat cocok untuk menggunakan DuoLingo. Pasalnya, aplikasi ini akan mengajak kita dalam terus meningkatkan kemampuan berbahasa asing.

 

DuoLingo layaknya kursus bahasa di mana kita akan dapat menamatkan level tertentu dan beralih ke level selanjutnya. Topik yang dibahas pun beragam, mulai dari binatang, tanaman, makanan, minuman, pakaian, tempat umum dan masih banyak lagi. DuoLingo seringkali jadi pilihan untuk belajar bahasa asing terutama bagi kita yang tidak punya waktu untuk pergi ke tempat kursus.

 

  1. PhotoMath

PhotoMath ialah aplikasi Android yang bisa membuat kita semakin pintar dalam bidang Matematika. Dengan menggunakan aplikasi ini, kita akan dapat secara efektif menggabungkan kamera serta kalkulator. Kapan pun kita merasa kesulitand alam mencari jawaban soal yang telah berkali-kali dihitung dan belum menemukan jawabannya, maka PhotoMath bisa jadi solusi yang dibutuhkan.

 

Modal yang dibutuhkan hanyalah kamera berkualitas agar kita bisa mendapat jawaban secara jelas dan cukup akurat. Namun, aplikasi ini cukup membuat pintar saja dan bukan digunakan untuk mencontek saat ujian. Penggunannya cukup mudah seperti halnya kita hendak memindai data.

pixabay.com
  1. CoffeeStrap

CoffeeStrap belum termasuk aplikasi yang populer di Indonesia. Aplikasi ini sendiri sangat bermanfaat bagi kita yang hendak belajar bahasa mandarin. Pemula yang masih belajar juga bisa menggunakan CoffeeStrap ini, ataupun mereka yang sudah memahami dasar-dasar dari bahasa Mandarin.

 

Tidak hanya pembelajaran secara pasif, melalui CoffeeStrap kita juga bisa bertemu dan berkomunikasi secara langsung dengan orang asing yang akan mengaja kita dalam berlatih menggunakan bahasa yang hendak dipelajari. Bahasa Mandarin sendiri sudah semakin populer belakangan ini sehingga penguasaannya akan memberi nilai tambah khusus pada diri kita.

 

Itulah lima aplikasi di perangkat Android yang bisa membuat kita semakin pintar. Kita bisa mendapatkannya secara gratis di PlayStore dan menggunakannya sebaik mungkin agar manfaatnya bisa diperoleh.

 

Masih banyak aplikasi lain yang dapat mengasah kemampuan sehari-hari, namun kelima aplikasi tersebut di atas bisa jadi permulaan karena sudah terbilang populer. Banyak orang yang sudah menggunakannya dan mendapat manfaat dari penggunaannya. Oleh karenanya, kita bisa memilih kelima aplikasi tersebut sebagai permulaan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *