Memasuki era digital, segala macam aktivitas terutama komunikasi menjadi lebih mudah berkat adanya kemajuan di bidang teknologi. Salah satu bukti kemajuan tersebut tidak lain adalah adanya alat komunikasi berupa ponsel atau yang sekarang jauh lebih populer yaitu smartphone. Jika mungkin dulu kita hanya bisa melakukan panggilan telepon atau sms saja melalui ponsel, maka dengan smartphone ada banyak hal yang bisa kita lakukan. Asal ada pulsa, aktivitas berkomunikasi jarak jauh atau mengakses berbagai aplikasi di smartphone merupakan hal yang lumrah. Malah sepertinya masyarakat mulai ketergantungan terhadap smartphone mereka hingga selalu kita tenteng kemana saja. Bahkan kebutuhan pulsa merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kegiatan sehari-hari. Pulsa sekarang ini banyak jenisnya, mulai dari pulsa biasa, khusus paket nelpon, sms, dan bahkan pulsa kuota internetan.

Jika kita membahas mengenai smartphone, maka pulsa merupakan hal yang tidak boleh kita lupakan. Pasalnya, tanpa pulsa, smartphone tidak bisa kita manfaatkan dengan maksimal. Nah, untuk tetap bisa mengoperasikan smartphone, jangan lupa untuk cek pulsa agar tidak kehabisan saat sedang digunakan dan bila habis anda bisa minta tukar pulsa dari teman. Untuk cek pulsa, tergantung dari operator atau provider yang kita gunakan.. Di Indonesia sendiri, ada banyak operator kartu yang menyediakan kebutuhan pulsa bagi pengguna ponsel, dan berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa ditempuh untuk mengetahui sisa pulsa dalam nomor kamu.

www.pexels.com

Cara Cek Pulsa di HP Lewat Kode Dial

            Bagi yang baru pertama menggunakan ponsel ataupun kamu ganti nomor pastinya butuh waktu untuk penyesuaian dengan penggunaan kartu sim terutama hal yang paling utama yaitu cara cek pulsa. Karena cara mengecek pulsa tergantung dari operator atau provider kartu yang kamu gunakan, makanya berikut beberapa cara mengecek pulsa bagi yang ingin mengetahui dengan jelas caranya. Ini dia langkah-langkahnya bisa kamu simak di penjelasan di bawah ini.

Cara mengecek pulsa dengan menggunakan kode dial tentu saja berbeda-beda tergantung dari provider kartu nomor ponsel kamu. Dan kali ini akan kita bahas satu persatu cara cek pulsa dari berbagai operator.

  1. Cara cek pulsa kartu Indosat

Untuk kamu yang pengguna kartu indosat, begini cara yang bisa kamu gunakan untuk cek pulsa. Pertama dial kode *388# di ponsel kamu atau telepon ke 388. Kedua cara tersebut bisa kamu gunakan untuk mengecek kartu IM3. Sedangkan untuk mengecek pulsa di kartu mentari kamu bisa cek sisa pulsanya di *555# atau dengan menghubungi 555.

  1. Cara mengecek pulsa untuk kartu Telkomsel

Selain Indosat, Telkomsel juga merupakan salah satu operator yang paling banyak dipakai oleh pengguna ponsel di Indonesia. Telkomsel memiliki dua jenis kartu yaitu kartu prabayar dan pascabayar As dan Simpati. Untuk kedua kartu ini, mengecek pulsa bisa dilakukan dengan kedua cara ini yaitu dengan mendial *888# via UMB dan dial 888 untuk cek sisa pulsa via voice.

  1. Cara cek pulsa Axis

Operator ketiga yang juga banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah Axis. Axis merupakan provider yang meluncurkan produk GSM pada tahun 2008, namun sekarang kepemilikannya telah beralih ke PT XL Axiata. Untuk mengecek pulsa di kartu ini, kamu bisa gunakan kode dia *888# dan 888 untu dia via ponsel dan voice. Atau bisa juga kirim sms dengan format “Cek” yang bisa kamu kirim ke nomor 123.

www.pexels.com
  1. Cara mengecek pulsa di nomor 3/Three

Cara yang bisa kamu gunakan untuk cek pulsa di kartu nomor 3 atau Three adalah dengan menggunakan kode dial *111# atau dengan menghubungi 111 via UMB.

  1. Cara mengecek pulsa di nomor XL

Operator selanjutnya dalah XL yang juga merupakan salah satu nomor paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia terutama pengguna ponsel. XL yang merupakan produk dari perusahaan swasta PT XL Axiata ini merupakan perusahaan pertama yang memberikan masyarakat layanan telpon seluler. Untuk mengecek pulsa di nomor ini kamu bisa gunakan kode dial *123# atau di 123 untuk panggilan voice.

 

Selain kelima operator di atas, masih ada beberapa operator yang menyediakan layanan telpon seluler seperti smartfren yang hanya menyediakan kartu CDMA. Selain menggunakan kode dial yang sesuai dengan operator, mengecek pulsa juga bisa dilakukan dengan cara seperti di bawah ini.

www.pexels.com

Cara Cek Pulsa di Aplikasi

            Selain dengan menggunakan kode dial, ternyata cek pulsa juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi dari masing-masing operator. Aplikasi ini kebanyakan hanya bisa dibuka seluruh informasi di dalamnya jika kamu terhubung dengan koneksi internet. Namun, beberapa bisa bisa tetap dibuka jika hanya sekedar melihat sisa pulsa meski sedang offline. Karena tiap operator juga memiliki aplikasi yang berbeda, inilah beberapa daftar aplikasi dari provider yang bisa kamu gunakan untuk cek pulsa.

  1. BimaTri

Aplikasi untuk android yang satu ini bisa digunakan untuk mengecek pulsa 3/Three kamu. Provider yang menyediakan berbagai paket pulsa hemat ini memang membuat aplikasi ini untuk berbagai kebutuhan. Selain mengecek pulsa, di BimaTri kamu juga bisa melakukan berbagai hal terkait dengan ponsel seluler.

  1. MyCare

Untuk pengguna provider Indosat, mungkin kamu harus memiliki aplikasi MyCare ini jika ingin mengetahui berbagai informasi terbaru seputar kartu Indosat. Tentu saja kamu juga bisa mengecek sisa pulsa nomor kamu di aplikasi ini. Caranya kamu bisa login dulu dengan akun kamu. Bahkan tak hanya sisa pulsa, kamu juga bisa mengecek penggunaan kuota, pulsa, serta masa berlaku dari keduanya.

  1. Axis Net

Untuk pengguna provider Axis, kamu bisa mengunduh aplikasi Axis Net ini di android kamu untuk bisa mengecek pulsa dan berbagai kebutuhan terkait nomor kartu Axis kamu.

  1. My telkomsel

Sedangkan untuk pengguna nomor Telkomsel bisa download dan install aplikasi MyTelkomsel di android kamu jika ingin mendapatkan berbagai informasi terbaru seputar kartu telkomsel, paket, pulsa, dan lain sebagainya. Aplikasi ini bisa dipakai untuk pengguna kartu AS, simPATI, HALO, dan juga Loop.

  1. MyXL

Begitu pula dengan XL yang juga menyediakan aplikasi MyXL yang bisa digunakan untuk mempermudah aktivitas ponsel. Mulai dari sisa pulsa, promo kuota, maupun fitur lainnya yang disediakan untuk pengguna kartu XL.

www.pexels.com

Itu dia tadi beberapa cara untuk cek pulsa di berbagai provider atau operator yang paling banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia. Selain dapat dicek dengan menggunakan kode dial, ternyata bisa juga dilakukan dengan aplikasi. Jika pulsa untuk hp biasa bisa kita cek dengan menggunakan panggilan kode dial, maka ada banyak pilihan cara yang bisa digunakan untuk mengecek pulsa bagi pengguna android Aplikasi ini bisa didownload dan install melalui android di Google Playstore dan untuk membukanya butuh akses internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *