Tradisi memberikan sebuah cincin kawin ternyata sudah berjalan selama berabad-abad. Pada awalnya cincin kawin ini menggunakan rumput yang dianyam. Kemungkinan itu merupakan itu sebagai tanda ikatan perkawinan. Seiring pergantian zaman maka terjadi perubahan mulai dari kulit, batu, tulang, perak dan emas, sebelum mengenal emas permata sebagai perhiasan.

Pada awalnya cincin perkawinan ini berasal dari Afrika Utara, ketika itu dimulai dari peradaban Mesir kuni yang hidup di sepanjang aliran sungai Nil yang subur dan segar. Cincin pernikahan kemudian dibuat dari rumput dan alang-alang yang tumbuh subur di daerah tepi sungai. Rumput itu kemudian dikepang melingkar membentuk sebuah cincin untuk jari dan gelang untuk tangan.

Cincin dipilih sebagai simbol cinta karena memiliki bentuk lingkaran yan tidak ada awalan dan akhirannya sehingga dapat diartikan sebagai keabadian. Terdapat lubang pada cincin itu diartikan sebagai pintu menuju masa depan baru. Apabila anda memberikan cincin kepada seorang wanita maka anda sudah berjanji untuk mencintai tiada akhir atau abadi.

Tidak heran apabila kini cincin sudah muali di asosiasikan dengan cinta. Cincin ini mengandung harapan bahwa cinta ini merupakan perasaan paling berharga yang dapat melambangkan keabadian.

Sejarah menggunakan cincin kawin di jari manis sebelah kanan berasal dari kepercayaan bangsa Romawi Kuni dan Yunani Kuno. Hal ini diyakini bahwa pembuluh darah pada jari manis sebelah kanan merupakan yang mengalir langsung pada bagian jantung sehingga dikenal sebagai pembuluh darah cinta. Pada zaman yang semakin modern ni maka sudah banyak sekali pilihan yang marik untuk calon pengantin. Sehingga anda dapat memilih desain sesuai dengan selera anda.

www.pexels.com

Fakta Unik Tentang Cincin Pernikahan Pada Sebuah Pernikahan

Sejak dahulu sampai saat ini cincin kawin selalu dianggap sebagai simbol penting pada sebuah pernikahan. Tapi taukah anda kalau cincin kawin itu ternyata tidak selalu identik dengan pernikahan saja. Cincin kawin ini ternyata menyimpan berbagai macam fakta unik, mulai penasaran kah? Berikut ini ada beberapa ulasannya untuk mengobati rasa penasaran anda.

  1. Cincin pernikahan disematkan pada jari tertentu

Ada dibeberapa negara seperti Prancis, Inggris, Amerika, dan Kanada kalau cincin perkawinanya hanya boleh disematkan pada jari manis tangan kiri. Ke empat negara tersebut meyakini kalau jari manis sebelah kiri ini terdapat syaraf yang berhubungan langsung dengan hati. Sehingga selamanya hati si pemilik jari ini akan dimiliki oleh penyemat cicin.

Berbeda dengan yang terjadi di negara India, Jerman, dan Norwegia. Ketiga negara itu percaya kalau cincin pernikahan ini harus disematkan pada jari manis tangan kanan.

  1. Cincin sebagai pengikat pasangan

Acara pesta pertunangan dan pernikahan sudah mulai populer pada masa perang dunai ke dua. Sejak saat itu pertunangan para laki-laki wajib mengenakan cincin setiap hari. Keharusan ini sudah berlaku sejak para laki-laki ini diwajibkan pergi ke medan perang. Sebuah cincin yang disematkan oleh seorang pria ke jari manis perempuannya maka pertanda kalau mereka sudah berkomitmen untuk menikah ketika sudah pulang dari medan perang.

  1. Cincin tidak harus dipakai pada jari tangan

Pada umumnya pernikahan seorang lelaki menyematkan cincin ke jari manis tangan kanan atau kiri mempelai wanita. Maka hal itu tidak akan ditemui pada pernikahan di agama Hindu. Pada tradisi mereka seorang pria tidak akan menyematkan cincin pada jari tangan tetapi akan disematkan pada jari kaki si perempuan.

www.pexels.com

Tips Sebelum Membeli Cincin Pernikahan

Pada era modern ini sudah begitu banyak pilihan cincin pernikahan yan ditawarkan oleh toko perhiasan. Nah, cincin apa yang pantas ada di jari manis pasangannmu ? tentunya setiap orag memiliki selera masing-masing. Namun masalah memilih cincin pernikahan bukanlah sekedar tentang model dan desain yang manis tetapi cincin ini akan dipakai untuk sepanjang usia pernikahan.

Sebelum memakaikan cincin perkawinan maka yang paling penting untuk memastikan kalau cincin yang anda pilih ini sudah sesuai selera dan cocok untuk pasangan anda. sebagai simbol ikatan pernikahan maka cincin ini harus terlihat cantik dan sesuai dengan kepribadian anda.

Berikuti ini ada beberapa hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum memilih cincin perkawinan anda. Silahkan simak beberapa hal berikut ini:

  1. Menentukan anggaran sebelum membeli cincin

Satu hal yang penting sebelum membeli cincin adalah menentukan budget-nya dulu. Langkah ini sangat membantu anda untuk mempersempit pilihan cincin yang akan anda beli. Sisihkan uang dengan jumlah yang masuk akal untuk membeli cincin . walau anda memiliki budget yang rendah maka anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat membantu anda memilih cincin perkawinan dan tetap mendapatkan cincin yang pantas dan cantik.

Bahan dasar yang umumnya digunakan untuk cincin kawin adalah berbahan emas. Kadar emas ini memiliki kadar yang berbeda sehingga dapat menentukan harga per gram dari emas itu sendiri. sehingga ini dapat anda sesuaikan dengan anggaran yang anda miliki.

  1. Memilih model yang tepat

Langkah selanjutnya adalah memilih model yang cocok dan sesuai dengan pasangan anda. Mengingat banyak sekali model cincing yang dapat anda pilih, ternyata malah jadi bingung mau pilih yang mana. Tenang, jangan keburu-buru dulu menentukan pilihan. Lihat dulu model-model dasar pada cincin perkawinan.

www.pexels.com

Anda juga dapat menyampaikan kepada vendor tentang cincin yang seperti apa yang inginkan. Pilihlah model cincin yang timeless. Apabila model cincin tersebut lagi naik daun maka lihatlah beberapa tahun kedepan akankah tetap cantik? Intinya cincin itu akan dipakai setiap hari jadi pastikan modelnya tidak akan akan tergerus oleh waktu.

Di atas itu semua memilih cincin kawin akan menjadi sebuah pengalaman yang dapat anda nikmati dengan pasangan. Pilihlah sepasang cincin yang benar-benar cocok dengan anda. Jangan sampai anda berusaha untuk memenuhi ekspektasi orang lain. Kuncinya percaya diri dengan semua pilihan anda. Kalau meminta pendapat memang sah-sah aja, tetapi ingan bahwa semua keputusan terakhir ada pada tangan anda sendiri.

Kalau sudah menemukan cincin yang cocok anda tinggal memikirkan kepentingan lainnya. salah satu hal yang penting adalah memberikan sebuah souvenir pernikahan. Seiring banyaknya layanan yang menawarkan souvenir pernikahan maka anda juga tidak perlu kawatir. Saat ini seiring pesatnya persaingan bisnis maka mereka selalu memberikan produk yang terbaik dengan harga yang lebih terjangkau.

Jadi bagi anda calon pengantin yang pada pesta pernikahannya nanti memberikan souvenir sebagai tanda terima kasih maka anda dapat memilih souvenir pernikahan murah. Dengan begitu anda dapat memberikan souvenir unik dan cantik dengan harga yang lebih murah. Yang terpenting anda dapat memaksimalkan semua budget anda dengan baik.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai awal mulanya cincin kawin dan segala perubahnnya seiring perkembangan jaman. Selain itu membahas tentang cara memilih model cincin yang tepat untuk pengantin dan memilih souvenir yang unik dan menarik dengan harga yang lebih terjangkau. Smeoga penjelasan ini bermanfaat bagi anda yang sedang ingin mencari cincin kawin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *