Apakah Anda sedang memulai untuk membangun sebuah bangunan? Jika iya dan Anda adalah seorang kontraktor, maka Anda wajib memahami berbagai alat-alat yang memang dibutuhkan selama melakukan pembangunan gedung maupun bangunan yang lainnya. Apalagi selama menjadi kontraktor, berbagai alat berat pun akan dihadirkan untuk mendukung pembangunan.

Ada berbagai alat pembangunan khususnya alat-alat berat yang memang nantinya akan kalian butuhkan. Baik alat pengaduk semen, alat pengecor, paku bumi, dan masih banyak lagi lainnya. Apalagi ada salah satu alat yang cukup mendominasi dalam berbagai pembangunan dan salah satunya adalah pompa cor maupun pompa beton.

Apa itu pompa cor atau pompa beton? Alat ini adalah alat yang sangat penting untuk Anda gunakan selama pembangunan. Untuk menemukan jawaban dari pompa cor maupun pompa beton beserta dengan fungsi, jenis dan harga sewanya, simak penjelasannya di bawah ini.

pxhere.com

Pengertian Concrete Pump

Concrete pump atau pompa beton merupakan salah satu armada berupa sebuah truk yang dirancang dengan sedemikian rupa dan tujuannya adalah untuk melengkapi akan kebutuhan konstruksi. Selain itu, di dalam bagian badan truck akan dipasangi dengan boom maupun corong pipa besi yang digunakan untuk menekan beton cair dari truk mixer ke titik pengecoran.

Pompa beton maupun pompa cor ini juga memiliki berbagai jenis yang bisa Anda lihat dari berapa panjang ukuran bomnya. Untuk harga sewa yang ditawarkan pun pastinya akan berbeda-beda sesuai dengan kebutuhan seperti apa yang Anda inginkan atau memang sedang Anda butuhkan nantinya untuk pembangunan.

pxhere.com

Bagaimana Sejarah Penemuan Concrete Pump?

Bagaimana penemuan dari alat yang sangat bermanfaat ini? Saat ini memang sudah terhitung setengah abad bahkan lebih penggunaan pompa beton atau cor ini yang memang digunakan sebagai alat bantu yang cukup penting untuk pekerjaan konstruksi khususnya digunakan untuk pengalihan beton cair dari truk mixer ke dalam media pengecoran.

Pompa beton ini perlahan namun pasti memang sudah mengkonversicara kerja serta metode manual menjadi sebuah metode yang praktis dengan cara menyalurkan beton cair sehingga bisa menghemat waktu serta biaya. Pada awal ditemukan, pompa beton memiliki begitu banyak bentuk yang sudah dibuat.

Di awal abad ke 20, ketika ditemukan pompa beton ini, Friedrich Wilhelm Schwing memang membuat sebuah alat yang dinamakan dengan hidrolik silinder pada tahun 1957. Bahkan saat itu pun sudah berkembang menjadi sebuah armada. Hingga saat ini, prinsip desain yang dikembangkan oleh Schwing ini banyak diadopsi oleh banyak perusahaan pompa beton.

Prinsip desain oleh Schwing ini memang sudah diadopsi oleh berbagai perusahaan pompa cor di seluruh dunia bahkan masih menjadi salah satu desain pompa cor standar di seluruh dunia. Harganya yang cukup mahal memang membuat banyak orang yang disarankan untuk sewa concrete pump saja dibandingkan untuk membelinya.

Hanya saja, dalam menentukan jasa sewa yang akan Anda pilih juga harus penuh perhitungan yang tepat sehingga nantinya Anda tidak salah pilih pada pembangunan yang akan dilakukan dan membutuhkan pompa beton ini.

pxhere.com

Memahami Persewaan Concrete Pump untuk Pembangunan

Saat ini, kebutuhan akan sewa pompa beton pada berbagai proyek memang dirasa sangat membantu. Apalagi alat ini digunakan untuk menunjang sebuah keberlangsungan dan juga kelancaran selama proses pengerjaannya. Selain itu, dalam penggunaan pompa cor ini apabila terlihat dari sisi biaya pun sangat menghemat biaya dibandingkan harus membeli pompanya.

Penggunaan sebuah pompa cor ini juga menyediakan banyak pilihan yang harus Anda tentukan sesuai dengan kebutuhan jenis seperti apa yang Anda inginkan. Untuk harga sewa concrete pump akan disesuaikan dengan berapa volume yang akan dibutuhkan oleh pihak pengelola pembangunan.

Ada yang menawarkan volume 1-30 meter kubik, ada yang menawarkan 30-50 meter kubik, 50-70 meter kubik, dan juga volume paling besar yaitu 70-100 meter kubik. Nah, untuk harganya sendiri akan ditawarkan dengan jangka waktu sewa per 8 jam. Perkiraan harga yang ditawarkan nantinya sekitar Rp. 3.000.000,- sampai dengan Rp. 9.000.000,-.

Persewaan akan biaya sewa pompa cor ini akan berbeda-beda bahkan bisa dilakukan dengan sistem negosiasi antara pihak yang sedang membangun dengan pihak yang menyewakan pompa cor ini sendiri. Ada pula biaya yang harus ditambahkan nantinya ketika kegiatan kontraktor ini cukup lama dan sesuai dengan bagaimana pekerjaannya.

pxhere.com

Pahami Pilihan Concrete Pump Sebelum Menyewanya

Sebelum memutuskan untuk menyewanya, selain Anda wajib untuk menemukan penyedia jasa sewa yang tepat, Anda juga diharuskan untuk mengetahui beberapa jenis pompa cor yang akan Anda pilih nantinya. Nah, untuk jenis pompa cor yang harus kalian ketahui diantaranya adalah:

  • Pompa beton mini.
  • Pompa beton standar.
  • Pompa beton long boom.
  • Pompa beton super long boom.
  • Pompa beton kodok.

Jadi, itulah sebagian informasi yang bisa atau bahkan wajib kalian pahami seputar pompa beton yang sangat bermanfaat bagi sejumlah kegiatan pembangunan maupun kegiatan konstruksi. Untuk lebih jelas dan mengetahui informasi tentang concrete pump secara mendalam, maka Anda diharuskan untuk menghubungi jasa sewa tepat yang sudah atau bahkan Anda pilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *