Perkembangan teknologi tentu saja bertujuan untuk memudahkan segala pekerjaan. Komunikasi jarak jauh yang tadinya banyak memakan waktu dan cukup menyulitkan, kini teknologi dapat memangkasnya menjadi komunikasi yang efektif dan menyenangkan. Salah satunya adalah internet.

 

Internet merupakan salah satu pengembangan teknologi yang memudahkan beragam jenis urusan manusia. Selain itu perubahan banyak terjadi dan saat ini internet telah menghadirkan sejumlah hiburan seperti game online. Dengan aktivitas berbasis online, Anda dapat merehatkan diri di sela-sela kesibukan dengan bermain game online dimana pun dan kapan pun. Asal masih terhubung dengan internet.

 

Kerap diindentikkan dengan generasi millenial, bermain game online ternyata digemari oleh semua generasi. Mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Tiap tahunnya hiburan yang dimainkan secara online ini terus mengalami peningkatan tiap tahunnya. Dimana ada peminat, di situlah muncul pasar. Penyedia game pun beralih menjadi game online dan mulai gencar mengeluarkan berbagai seri game terbaru ke pasaran.

pxhere.com

Penyebab Kecanduan Game Online

 

Tidak salah jika Anda sesekali bermain game online di saat rehat. Namun penggunaan yang berlebihan akan menyebabkan candu. Belakangan kecanduan terhadap game online cukup disorot karena telah membawa banyak dampak buruk. Berikut beberapa penyebab kecanduan dari game online:

 

  • Game Online yang Terus Berkembang Pesat

Tiap tahun program game online terus mengalami perkembangan. Dahulu sebuah game diprogram kemenangan ditentukan dengan tingkatan level yang terus naik dan berakhir di tingkatan level yang tertinggi. Sekarang ini perkembangan game dilengkapi banyak fitur seperti senjata, karakter dan lainnya. Pengembangan itu membuat pemain penasaran dan bisa membuat bermain tiada henti. Lebih-lebih banyak laptop gaming yang muncul dengan berbagai spesifikasi unggul, tentu menambah semarak dunia game online.

 

  • Interaksi

Game online juga bisa membuat pemain bisa saling berinteraksi satu sama lain serupa dengan media sosial. Hal ini tentu menjadi daya tarik sehingga membangun komunitas yang sama. Interaksi ini membuat permainan game online terus berlanjut.

 

  • Kompetisi dan Award

Tingginya minat bermain game online memunculkan hasrat untuk menaklukan pemain satu sama lain. hal ini memicu munculnya kompetisi baik dalam skala kecil maupun skala besar. Pemasar game online pun menyediakan hadiah besar untuk meramaikan kompetisi tersebut. Tentu untuk menarik banyak pemain mereka untuk memainkan game online.

pxhere.com
  • Dunia Lain yang diinginkan

Game online seringkali dijadikan sebagai tempat pelarian para gamer. Di sana mereka menemukan karakter yang diinginkan. Karenanya bukan tidak mungkin gamer tenggelam imajinasi karena karakter-karakter tersebut.

 

  • Emosi

Tantangan yang diberikan saat bermain game online seringkali menimbulkan berbagai bentuk emosi bagi para gamer. Terkadang ketika mengalami kekalahan akan menurunkan semangat, lesu bahkan rasa marah. Tidak jarang juga gamer mengalami kebahagiaan yang berlebihan karena euforia kemenangan. Perubahan kondisi yang gampang berubah-berubah ini membuat kondisi emosi menjadi tidak stabil. Selain itu kehidupan gamer juga tidak terlepas dari rasa was-was dan gelisah ketika kalah atau tidak bisa bermain game yang diminatinya.

 

  • Tantangan dan skill

Kita telah menjadi candu, game online tidak lagi sekadar jadi hiburan selagi bosan tapi juga sebagai wadah yang menantang dan menarik bagi gamer. Rasa candu muncul karena rasa penasaran karena yang bersangkutan tentang untuk bermain sampai habis.

 

Cara Atasi Kecanduan Bermain Game

 

Kecanduan terhadap game online tentu merugikan dan membawa dampak negatif. Emosi menjadi tidak stabil, kinerja pun jadi tidak produktif. Beberapa orang bahkan tidak sungkan meninggalkan pekerjaan mereka untuk bermain game online.

pxhere.com

Ada banyak cara untuk mengatasi kecanduan bermain game. Di antaranya yaitu:

 

  1. Berkomitmen untuk Berubah dan Mulai Menata Kembali Aktifitas Harian

Mulailah membuat niat untuk mengatur jadwal yang tepat dan mengisinya dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Atur jadwal Anda agar tidak mononton sehingga terhindar dari rasa bosan. Kuatkan niat untuk melakukan komitmen yang Anda buat dan berjanji akan melaksanakannya dengan sungguh-sungguh.

 

  1. Hobi

Untuk sebagian orang bermain game merupakan hobi utama. Namun hobi bermain game online jangan sampai menutup Anda untuk melakukan hobi yang lain. Teliti kembali hobi apa yang terlupakan oleh Anda atau cobalah membuat hobi baru yang lebih bermanfaat. Sehingga Anda akan menemukan kegiatan yang menyenangkan selain focus bermain game online.

 

  1. Batasi Penggunaan Android dan Smartphone

Android dan Smartphone adalah dua media utama yang digunakan untuk mengakses game online. Karenanya mulailah batasi penggunaan android dan smartphone di dalam aktivitas Anda.

pxhere.com
  1. Tidak Instant

Tidak ada sesuatu keberhasilan yang terwujud tanpa adanya proses. Begitu pula dengan menghilangkan candu terhadap game online. Jangan terlalu memaksakan perubahan namun nikmatilah prosesnya. Terlalu terobsesi seringkali menjadi kegagalan bagi gamer untuk berhenti dari kecanduan. Lakukan secara bertahap dengan mengurangi jam bermain game online sedikit demi sedikit.

 

  1. Bertanya pada Tenaga Profesional

Jika kecanduan telah ke tahap yang sudah sulit untuk disembuhkan, cara terakhir adalah berkonsultasi dengan ahli kesehatan yang memang professional di bidangnya.  Beberapa pengobatan seperti terapi dan tindakan lainnya mungkin dibutuhkan.

 

Kecanduan terhadap game online memang cukup berbahaya. Namun bukan berarti Anda dilarang untuk memainkannya. Anda bisa bermain game online asal dapat mengatur jadwal dengan tepat dan memainkan seperlunya saja. Hindari kondisi yang membuat ketagihan dan beri batasan yang wajar dan terkontrol.

 

Jika sudah kecanduan, segera lakukan beberapa tips di atas dan kalau sudah parah maka jangan ragu mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *