Kura-kura sudah terkenal sebagai salah satu hewan yang memiliki cara jalan dan bergerak sangat lambat. Sedangkan untuk jenis kura-kura sangatlah beragam yang telah tersebar luas di seluruh dunia. Bahkan tidak sedikit dari beberapa masyarakat yang tertarik untuk memelihara kura-kura dengan jenis yang unik meskipun dibandrol dengan harga yang fantastis.

Salah satu penyebab dari harga kura-kura yang mahal yaitu karena jenis kura-kura tersebut sulit ditemui atau kura-kura langka. Namun sayangnya untuk kura-kura yang langka telah dilindungi sehingga tidak diperbolehkan apabila diperjualbelikan.

Jenis Kura Unik dengan Harga yang Fantastis

Untuk mengetahui apa saja jenis hewan yang hidup dua alam ini maka Anda bisa mengetahuinya pada penjelasan berikut:

unsplash.com
  1. Kura-kura Yniphora

Jenis kura-kura unik yang pertama ini berasal dari Madagaskar dengan populasi yang hampir punah. Salah satu cara untuk melindungi kura-kura jenis ini yaitu dengan memasukkan kura-kura pada daftar hewan yang dilindungi. Bahkan pemerintah pun juga telah melakukan penangkaran. Untuk kura-kura jantan memiliki ukuran yang jauh lebih besar dibandingkan dengan kura-kura betina.

Untuk kura-kura jantan dapat mencapai 1 kg dan panjang 43 cm. sementara untuk kura-kura betina mempunyai bobot 8 hingga 9 kilo panjang 37 cm. harga kura-kura ini sangat fantastis yaitu dari 40 juta hingga 100 juta rupiah.

  1. Kura-kura Aldabra

Kura kura Aldabra berasal dari pulau Aldabra Atol yang memiliki ukuran paling besar kedua karena memiliki bobot mencapai 25 kg dengan panjang mencapai 1,2 meter. Lingkungan hidup yang disukai yaitu di area semak belukar, rerumputan dan kayu pada hutan bakau. Jenis kura-kura ini memiliki harga yang sangat mahal karena keunikan yang dimilikinya yaitu memiliki leher bisa memanjang untuk meraih makanan yang tinggi.

  1. Kura-kura Chery Head

Bagian sisi kepala kura-kura ini memiliki warna orange dan merah menyerupai buah ceri. Habitat asli dari hewan yang hidup di dua alam ini yaitu di padang rumput yang dekat dengan hutan tropis. Untuk ukuran tubuhnya dapat mencapai kisaran 30 cm dan harga yang ditawarkan mulai dari Rp 1.500.000 hingga Rp2.000.000.

Kura-kura Aadiata termasuk ornate box turtle sebagai hewan yang dilindungi karena mengingat populasinya yang sudah hampir punah. Kepunahan hewan bercangkang ini dikarenakan banyak oknum tidak bertanggung jawab yang memperjualbelikan jenis hewan ini pada jumlah yang sangat besar.

unsplash.com

Lingkungan hidup yang disukai oleh kura-kura ini yaitu di semak-semak atau rerumputan. Untuk kura-kura dewasa memiliki bobot tubuh mencapai 16 kg dan panjang tubuh mencapai 41 cm. keunikan dari kura-kura ini yaitu terletak pada bagian tubuhnya yang sangat mencolok.

  1. Kura-kura Sulcata

Kura-kura Sulcata masih memiliki harga jual yang cukup kecil yaitu kisaran Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000. sementara asal dari kura-kura ini yaitu dari negara Afrika dan paling banyak diminati oleh para pecinta hewan bercangkang ini. Untuk panjang kura-kura Sulcata dapat mencapai kisaran 60 hingga 90 cm.

  1. Kura-kura Istar

Di negara India kura-kura Istar menjadi hewan yang paling banyak dijumpai dengan corak yang sangat mirip dengan bintang. Untuk ukuran tubuhnya dengan panjang 38 cm dan bobot 8 kg. Jika Anda tertarik untuk memiliki kura-kura jenis ini maka Anda harus merelakan uang Rp 800.000 hingga Rp 1.000.000.

  1. Kura-kura Emys

Untuk kura-kura jenis ini paling banyak dijumpai di negara Indonesia maupun wilayah Asia yang lainnya. Ciri khas yang dimiliki oleh hewan ini yaitu tempurungnya yang berwarna hijau gelap. Hewan ini lebih suka hidup di rerumputan atau semak belukar dengan perawatan yang sangat mudah. Untuk harga yang ditawarkan yaitu kisaran Rp 700.000 hingga Rp 1.200.000.

unsplash.com

Alasan Mengapa Harus Memelihara Kura Kura

Ada beberapa alasan yang mengharuskan diri Anda untuk memelihara hewan bercangkang ini yaitu seperti berikut:

  1. Dapat hidup di dua alam

Kura-kura bisa bertahan hidup di dua alam yaitu di daratan maupun di air. Dengan hal ini tentu akan sangat memudahkan diri Anda karena tidak perlu mengkhawatirkan perihal habitat nya karena perawatannya memang tidak terlalu merepotkan.

  1. Makanan yang mudah dijumpai

Makanan untuk kura-kura sangat mudah dijumpai di pasaran baik untuk kura-kura air maupun kura-kura darat. Akan tetapi untuk kedua jenis kura-kura ini tentu tidak memiliki makanan favorit yang sama. Makanan kura-kura tidak hanya mudah didapatkan namun juga memiliki harga yang sangat murah sehingga Anda tidak akan menguras isi kantong ketika memelihara kura-kura.

  1. Memiliki umur yang panjang

Berbeda dengan jenis hewan yang lainnya yang mana untuk kura-kura memiliki umur yang cenderung lebih panjang yaitu mencapai ratusan tahun. Terutama bagi kura-kura yang hidup di alam liar.

  1. Dapat dijadikan sebagai teman

Ternyata kura-kura hampir sama seperti anjing dan kucing karena dapat dijadikan sebagai teman. Hal ini dikarenakan kura-kura akan sangat mengenali tuannya yang setiap hari memberikan makanan. Kura-kura yang Anda pelihara memiliki temperamen yang kalem dan baik maka bisa diajak untuk bermain bersama anak-anak.

Hewan kura-kura ternyata memiliki kasih sayang dengan hewan yang lain, karakter yang disiplin dan mengatur waktu. Dengan seluk-beluk hewan kura-kura ini makan ada banyak sekali pelajaran dan hikmah yang bisa diambil Ketika Anda memelihara seekor kura-kura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *