Produk kerajinan dari kayu tidak kalah prestise dari berbagai produk  kerajinan berbahan logam yang dikenal dengan harganya yang cukup mahal. Pasalnya kerajinan tersebut mempunyai kelebihan tersendiri sehingga mampu membuat sebuah produk terbaik  yang akan memukau Anda. Selain itu, para pengrajin kerajinan dari bahan kayu ini  juga tidak kalah kreatif memanfaatkan jenis kayu yang ada di Indonesia untuk dibentuk sebagai berbagai kerajinan unik dan berguna. Sama halnya dengan berbagai pengrajin lainnya seperti pengrajin tembaga, pengrajin besi, pengrajin fiberglass dan berbagai pengrajin lainnya yang pastinya selalu menghasilkan kerajinan terbaik dengan ide serta kemampuan yang dipunyai.  Nah, agar Anda lebih yakin lagi betapa produk kerajinan dari bahan kayu ini tidak kalah dengan produk kerajinan berbahan lainnya, ketahuilah berbagai kelebihan yang dipunyainya beserta rekomendasi jenis kayunya. Setelah mengetahui berbagai kelebihannya, Anda bisa langsung memilih produk tersebut dari berbagai rekomendasi kayu yang menjadi bahan dasarnya.

pxhere.com

Kelebihan Kerajinan dari Kayu

Ada banyak sekali kelebihan  yang dipunyai kerajinan dari kayu yang akan mampu memukau Anda. Dijamin setelah mengetahui berbagai kelebihan tersebut, akan membuat Anda tertarik untuk membeli salah satu dari produk kerajinannya. Adapun berbagai kelebihan terbaik yang dimiliki kerajinan dari bahan kayu adalah sebagai berikut:

  1. Jenis Kayu Sebagai Bahan Baku yang Beragam

Kelebihan pertama kerajinan dari bahan kayu adalah bahan baku dari kayu tersebut yang jenisnya banyak dan mudah ditemukan. Selain itu pilihan jenis kayu yang bisa dipilh juga beragam sehingga Anda bisa memilih sesuka hati kerajinan tersebut dari piliha jenis kayu yang diinginkan.

  1. Tahan Lama dan Awet

Kayu mempunyai ketahanan yang lama alias awet, seperti misalnya kayu jati. Maka nantinya kerajinan dari bahan kayu tersebut akan mampu awet dan bisa digunakan dalam waktu yang lama. Perlu diketahui pula bahwa kerajinan tersebut juga cukup baik mampu bertahan dari daya listrik dan juga bahan-bahan kimia.

  1. Memberikan Keindahan yang Memukau

Pada dasarnya, kayu yang menjadi bahan dasar kerajinan dari bahan kayu ini mempunyai tekstur yang mudah dibentuk. Jadi untuk membentuknya sesuai dengan keinginan akan mudah sekali dilakukan.   Terlebih lagi bila kayu tersebut diukir, pastinya akan mempu menampilkan sisi indah pada kerajinan dari bahan kayu tersebut.

  1. Harganya yang Bervariasi

Harga pada kerajinan dari bahan kayu ini sangatlah bervariasi, mulai dari yang murah hingga paling mahal sekalipun ada. Biasanya mahal tidaknya harga dari kerajinan ini ditentukan dengan pilihan kayu yang menjadi bahan bakunya. Semakin baik kualitas kayunya akan semakin  mahal lagi harga dari kerajinan tersebut.  Untuk itu, Anda bisa menyesaikan uang yang dipunyai untuk membeli kerajinan dari bahan kayu.

pxhere.com

Rekomendasi Jenis Kayu yang Digunakan Kerajinan dari Kayu

Setelah Anda mengetahui kelebihan yang ada pada kerajinan dari kayu, selanjutnya yang harus diketahui adalah rekomendasi jenis kayu yang digunakan. Dengan begitu Anda bisa menentukan kerajinan dengan jenis kayu mana yang akan dibeli. Pada berbagai rekomendasi ini, akan masuk dua jenis kayu yakni kayu lunak dan kayu keras. Berikut adalah Rekomendasi jenis kayu yang digunakan pada kerajinan dari bahan kayu terbaik:

  1. Jati

Rekomendasi pertama jenis kayu yang digunakan pada produk kerajinan dari bahan kayu terbaik adalah jati. Jenis kayu yang masuk dalam kategori kayu keras ini sangatlah disenangi karena mempunyai berbagai kelebihan. Kayu ini mempunyai ketahanan akan cuaca yang memukau dengan warna yang indah sehingga pastinya kerajinan yang bahan dasarnya dari kayu tersebut akan berkualitas tinggi. Dengan kelebihan tersebut, tentunya wajar bila produk kerajinan dari bahan kayu mempunyai nilai yang mahal.

  1. Cemara

Kayu yang berasal dari pohon cemara menjadi rekomendasi kedua jenis kayu untuk digunakan sebagai bahan dasar kerajinan dari bahan kayu terbaik berikutnya.  Merahnya kayu ini begitu unik sehingga akan menyebabkan kerajinan dari kayu tersebut mempunyai keindahan yang  menawan. Maka dari itulah wajar bila kerajinan dari bahan kayu Cemara dijadikan untuk eksterior bangunan agar mampu menambah nilai estetik didalamnya.

  1. Sawo

Kayu yang asalnya dari pohon sawo mempunyai warna mulai dari murah muda hingga merah tua. Para pengrajin akan  menjadikan kayu tersebut sebagai produk kerajinan dari bahan kayu berupa aksesoris dari benda kecil, furniture hingga flooring. Produk kerajinan tersebut akan tahan akan cuaca hingga serangga yang menyerang.

pxhere.com
  1. Pinus

Pinus ini masuk dalam kategori  kayu lunak yang uniknya mempunyai serat seperti kayu jati. Anda bisa menemukan kayu ini menjadi bahan dasar berbagai kerajinan dari bahan kayu rumahan berupa parabot sehari-hari terutama.

  1. Mahoni

Keindahan kayu mahoni tidak dapat diragukan lagi untuk dijadikan kerajinan dari bahan kayu seperti aksesoris hingga dekorasi. Penyebabnya adalah dipunyainya warna coklat tua pembawa suasana klasik dan kesan yang antik. Selain itu, kayu tersebut akan membuat kerajinan terlihat mahal sebab uratnya yang terlihat begitu menawan.

 

Itulah tadi merupakan info mengenai kelebihan kerajinan dari bahan kayu beserta rekomendasi jenis kayunya yang terbaik. Silahkan simak dan pahami setiap info yang telah disebutkan ini sehingga Anda yakin untuk membeli produk kerajinan  tersebut dengan pilihan kayu terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *