Setiap bagian wilayah yang ada di bumi memiliki letak geografis. Begitu pula setiap Negara yang ada, tidak terkecuali pastinya juga adalah Indonesia. Kalau begitu, bagaimana letak geografis dari Indonesia sendiri? Sebagai warga Indonesia, penting untuk kita tahu bagaimana letak geografis Negara kita sendiri.

Letak Geografis Adalah

Kita bahas definisi dari letak geografis terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh membahas soal letak geografis Indonesia. Letak geografis adalah letak keberadaan sebuah wilayah dengan berdasar pada letak serta bentuk yang ada di muka bumi. Umumnya letak geografis dibatasi dengan fitur-fitur geografi yang terdapat di bumi serta nama daerah yang secara langsung posisinya bersebelahan dengan daerah lainnya. Fitur-fitur bumi ini tidaklah lain adalah benua, samudera, laut, dan lain-lain.

Letak Geografis Indonesia

Secara geografis, Idnoensia terletak diantara dua benua dan dua samudera. Dua benua tersebut adalah Australia dan Asia. Sedangkan dua samudera yang dimaksud adalah Samudera Hindia dan Pasifik. Letak Indonesia yang diapit antara dua benua dan dua samudera menjadikan Indonesia sebagai wilayah persilangan dunia alias word cross position, jadi wajar kalau Indonesia jadi pusat jalan lalu lintas dunia.

Indonesia berada di kawasan Asia Tenggara yang memiliki wilayah total hingga 2 juta kilometer. Indonesia sendiri merupakan wilayah yang terdiri dari ribuan pulau yang terbagi menjadi 5 pulau besar dan lain ribuan pulau-pulau kecil. Kelima pulau besar Indonesia itu tidaklah lain adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi serta Papua.

Indonesia temasuk kedalam Negara maritime lantaran sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Kemudian secara geografis lainnya lagi, Indonesia terletak diantara Negara-negara yang antara lain adalah Malaysia, Singapura dan Filipina pada bagian Utara Indonesia. Kemudian di bagian Selatan, Indonesia berbatasan dengan Australia. Di sebelah Barat, Indonesia berbatasan dengan Samudera Hindia serta berbatasan dengan Papua Nugini untuk Indonesia di bagian Timur.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Dengan letak geografis Indonesia yang demikian, tentu memberikan beberapa pengaruh. Pengaruh-pengaruh tersebut antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Indonesia punya tiga iklim utama, yakni panas atau tropis, kemudian musim atau muson serta satu lagi adalah iklim laut
  2. Indonesia punya dua musim yaitu hijan dan kemaru. Dua musim di Indonesia tersebut dipengaruhi oleh angina musim yang berhembus setiap enam bulan
  3. Ada di persilangan lalu lintas dunia, sehingga Indonesia sangat ramai serta menguntungkan dalam hal ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *