Keyword : ikan layur

 

Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir pantai mungkin sudah tidak asing dengan ikan layur. Dimana jenis ikan ini memiliki ciri khas berupa bentuk tubuhnya yang panjang dan ramping. Ikan ini termasuk dalam jenis ikan pelagis yang bisa tumbuh dengan panjang mencapai 2 meter. Tetapi biasanya yang sering diperjualbelikan mempunyai panjang rata-rata tidak mencapai 1 meter. Selain di Indonesia, ikan ini juga populer di Jepang dan sering dijadikan sebagai bahan pembuatan Sashimi.

Selain dikenal dengan rasanya yang lezat, ternyata layur memiliki banyak manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini akan dijelaskan beberapa manfaat mengkonsumsi layur yang perlu anda ketahui.

  1. Membersihkan Saluran Pencernaan
    Dengan mengkonsumsi layur maka dapat membantu membersihkan saluran pencernaan anda. Kandungan serat dari ikan ini sangat bagus untuk membesihkan saluran pencernaan dari kotoran makanan maupun asam lambung yang berlebihan.
  2. Mencegah Gingivitis
    Untuk mencegah gingivitis maka sebaiknya konsumsi layur secara rutin. Perlu anda ketahui bahwa gingivitis merupakan peradangan yang menyerang gusi sehingga mengakibatkan gusi bengkak akibat terjadinya infeksi di bagian saluran akar gigi. Lama kelamaan gusi berwarna merah kehitaman dan mengeluarkan nanah. Akibatnya gigi bisa tanggal dan ompong.
  3. Mencegah Gondok
    Konsumsilah layur secara rutin karena payur mengandung yodium yang sangat melimpah. Dimana yodium tersebut sangat bagus untuk mencegah terjadinya pembengkakan kelenjar tiroid atau disebut dengan gondok.
  4. Mencegah Penyakit Anoreksia
    Bila seseorang tidak merasa lapar dan enggan makan padahal tubuhnya sudah lesu dan kurus maka kemungkinan seseorang tersebut menderita anoreksia. Untuk mencegah penyakit ini sebaiknya anjurkan mengkomsumsi layur sebagai upaya penyembuhan.
  5. Mencegah Lupus
    Penyakit lupus terjadi karena sistem imun yang menyerang tubuh sehat sehingga mengakibatkan terjadinya ruam pada tubuh. Untuk mencegah penyakit ini anda bisa mengkonsumsi payur karena ikan ini sangat bagus untuk memperbaiki sistem imun.
  6. Merangsang Hormon Serotonin
    Hormon serotonin memang sangat penting untuk mengatur suasana hati seseorang. Dengan mengkonsumsi layur maka kadar serotonin dalam tubuh akan semakin meningkat. Dengan begitu anda bisa merasa lebih ceria dan bahagia.

Selain penjelasan di atas sebetulnya masih banyak manfaat ikan layur yang perlu anda ketahui. Namun beberapa penjelasan di atas sepertinya sudah cukup untuk meyakinkan anda agar tidak ragu mengkonsumsi layur secara rutin dalam menu harian anda dan keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *