Umat yang memerlukan  masjid untuk bernaung serta membutuhkan tempat untuk saling berbagi dengan sesama. Tempat berbagi dengan sesama umat yang sama-sama ingin memperdalam ilmu dengan baik. Ilmu yang sesuai dengan syariat. Maka umat akan memerlukan masjid sebagai tempat untuk menuntut ilmu yang dibutuhkan untuk memperdalam ilmu agama. Masjid yang dikelola dengan baik menjadi salah satu tempat yang akan dituju oleh umat muslim untuk beribadah serta mendapatkan kajian ilmu agama yang cukup dalam. Apabila masjid yang dijadikan tempat untuk bernaung tidak mampu memberikan perlindungan serta memberikan pengetahuan agama yang cukup untuk memperdalam ilmu agama maka umat akan menjauh dari masjid yang seharusnya menjadi tempat untuk saling berbagi ilmu agama.

Masjid Nurul Hidayah Tempat Menuntut Ilmu

Masjid nurul hidayah yang dibangun dengan susah payah untuk membantu umat untuk saling berbagi pengetahuan serta ilmu memiliki beberapa fungsi sekaligus fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh umat untuk memperdalam ilmu agama. Fasilitas yang diberikan oleh masjid ini diantaranya adalah:

pixabay.com
  • Memiliki fungsi sebagai islamic center. Fungsi sebagai islamic center menuntut masjid ini menjadi salah satu tempat yang menjadi pusat kajian keislaman yang akan menjadi panutan umat. Sebagai pusat kajian keislaman, maka masjid ini dituntut untuk senantiasa memenuhi kebutuhan dari umat mengenai pengetahuan agama yang sesuai dengan perkembangan permasalahan jaman.
  • Memiliki fungsi sebagai tempat pendidikan yang lengkap. Masjid yang dituntut untuk menjadi salah satu pusat pendidikan dimaksudkan agar peran serta masjid dalam peradaban umat manusia di jaman yang serba modern tidak akan tergantikan dengan yang lainnya. Msjid yang memiliki fungsi sebagai pusat pendidikan keagamaan dituntut untuk senantiasa mengembangkan kualitas pendidikan agama yang diberikan kepada peserta didiknya. Tujuannya adalah agar pemahaman tentang keagamaan yang diberikan tidak sampai salah penafsiran serta tidak sampai salah gunakan. Sehingga peran serta masjid dalam mengembangkan generasi muda yang modern akan semakin dapat terwujud dengan mudahnya.
  • Memiliki fungsi untuk menyalurkan zakat bagi umat muslim. Zakat merupakan rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap muslim. Tidak jarang orang jaman sekarang merasa kebingungan dalam melaksanakan kewajibannya tersebut. Dimanakah harus menyalurkan zakat yang merupakan kewajibannya. Sehingga peran Masjid nurul hidayah juga memiliki peranan sebagai media penyalur zakat yang kompeten dibidangnya. Sehingga zakat yang disalurkan oleh umat menjadi lebih tepat sasaran. Sehingga tujuan penyaluran zakat yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan kesejahteraan umat dapat tercapai. Jangan sampai tujuan diwajibkannya zakat kepada umat yang dimaksudkan untuk pencapaian pemerataan kesejahteraan tidak tercapai karena umat salah dalam proses penyaluran zakat kepada pihak yang tidak tepat.

    pixabay.com
  • Memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas. Masjid yang menjadi salah satu tempat bernaung untuk umat islam yang ada di sekitarnya serta sebagai tempat untuk menuntut ilmu tentu diwajibkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas. Pelayanan untuk semua kegiatan keagamaan yang diperlukan oleh warga sekitar tentu akan memberikan nilai tambah dan nilai manfaat yang diberikan oleh masjid kepada kalangan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga dengan adanya pelayanan kepada masyarakat umum inilah menjadi tujuan utama dari pengabdian unsur masjid kepada msyarakat. Apabila unsur kemanfaatan ini sama sekali tidak tercapai maka keberadaan masjid tidak akan memberikan nilai lebih kepada masyarakat luas.

Peranan Masjid Bagi Masyarakat

Masjid yang menjadi tempat untuk pembentukan peradaban umat muslim yang ada di daerah sekitarnya membuat Masjid nurul hidayah juga mengambil peranan penting tersebut di kalangan masyarakat luas. Salah satunya adalah dengan memberikan pelayanan berupa pengurusan jenazah bagi orang yang sudah meninggal. Tentu saja hal ini sangat membantu untuk keluarga yang sedang ditimpa musibah. Pengurusan jenasah ini terkadang memang beberapa kalangan masyarakat merasa kesulitan untuk melakukannya. Kurangnya ilmu pengetahuan yang dimiliki terkadang menjadi salah satu alasan mengapa pengurusan jenazah menjadi salah satu ilmu yang harus diberikan kepada masyarakat umum. Keilmuan inilah yang dianggap sebagai salah satu yang paling penting harus disampaikan agar proses pengurusan jenasah menjadi lebih tepat sasaran.

pixabay.com

Sifat gotong royong dari masyarakat sekitar yang ditingkatkan dengan adanya masjid yang memberikan pelayanan penuh kepada masyarakat tentunya menjadi salah satu nilai tambah yang diberikan oleh masjid kepada masyarakat sekitar. Kalangan masyarakat umum biasanya ada yang merasa kesulitan untuk mengurus jenasah. Oleh karenanya kalangan pengurus masjid memberikan pengurusan secara gratis kepada pihak keluarga yang ditinggalkan. Saling bergotong royong dan saling membantu di saat yang lainnya sedang kesulitan merupakan sifat yang harus selalu dijaga dan juga dijunjung tinggi oleh semua umat untuk saling meringankan beban sesama.

Sebagai pelengkap biasanya penggunaan karpet mushola menjadi salah satu ciri untuk membuat masjid sebagai tempat nyaman untuk menuntut ilmu. Sehingga harga karpet mushola yang sesuai dengan kebutuhan dan kualitas yang diinginkan guna memberikan kenyamanan kepada umat dapat segera terwujud. Ketika melakukan aktivitas di dalam masjid umat muslim juga akan merasa lebih tenang serta lebih merasa nyaman dengan adanya tempat duduk yang nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *