Pasar peternakan burung puyuh semakin berkembang dengan progres yang positif. Hal ini bisa kamu manfaatkan untuk memulai usaha. Salah satu usah yang menguntukkan adalah menjadi supplier tulur burung puyuh dari pertenakan sendiri. Bagi kamu yang suka beternak, usaha ini menguntukan untuk jadikan langkah awal. Telur puyuh sangat diminati terutama oleh anak kecil. Ini karena bentuknya yang mungil, walaupun isi dari telur puyuh tak sebanyak telur ayam. Namun ada rasa khas dari telur puyuh yang memikat lidah saat merasakannya. Jika kamu ada yang penasaran dengan telur burung puyuh bisa mencobanya. Di pasar pasti ada penjual telur puyuh dengan harga yang rumayan terjang kau.

Jenis Kandang Burung Puyuh

Untuk memulai usaha menjual telur puyuh dengan sumper pertenakan sendiri kamu harus bisa cara beternak burung puyuh.salah satu yang harus diperhatikan dalam beternak burung puyuh adalah kandang burungnya. Berikut yang perlu kamu tau tentang kandang burng puyuh untuk memulai usaha:

  1. Persiapkan kandang

Burung puyuh berbeda sedikit dengan burung lainnya, burung ini tinggal di dalam kandang layaknya ternak ayam. Burung ini memang tergolong unggas kecil yang liar, namun berbeda dengan ayam karena walau begitu burung puyuh adalah spesies burung. Untuk kandang burung puyuh dibutuhkan kondisi kandang yang tidak terlalu lembab dan atur agar terkena pancaran sinar matahari. Kandang buyung puyuh memerlukan penerangan paling kacil 25 watt pada siang hari, sedangkan untuk malam hari 60 watt. Untuk suhunya kisaran 20 sampai dengan 25 °C.

  1. Kandang Proses pembibitan

Kandang ini memiliki pengaruh performa dan produktifitas burung puyuh yang akan menghasilkan telur yang berkualitas. Ukuran untuk kandang pembibitan disesuaikan dengan jumlah burung puyuh.

  1. Kandang induk burung payuh

Untuk kandang induk tidak berbeda jauh dengan kandang pembibitan atau bisa disamakan dengan kandang pembibitan. Untuk ukuran kandang induk bisa dibuat lebih besar dari pada kandang pembibitan.

  1. Kandang anak burung puyuh

Anak burung puyuh yang sudah menetas akan menggunakan kandang ini saat berumur satu hari sampai dengan dua minggu. Kandang ini memberikan panas yang cukup untuk telur burung puyuh yang baru menetas.

Untuk memulai usaha burung puyuh memang diperlukan pengetahuan yang banyak tentang beternak burung puyuh. Ini dilakukan jika kamu mau menjadi supplier dari peternakan burung puyuh kepunyaanmu sendiri. Namun jika kamu tidak mau bisa menggunakan jasa seseorang untuk menjalankan peternakanmu, namun masih dalam pengawasan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *