Liburan kemanapun tidak akan pernah lepas dari yang namanya oleh-oleh. Baik ke daerah di Indonesia atau di Manca negara sekalipun. Tidak harus memang membawakan oleh-oleh ini, akan tetapi terkadang kalau liburan tanpa ada buah tangan serasa ada yang kurang. Bagi yang punya rencana liburan atau pergi ke Lampung. Jangan pernah anda lupa untuk membawakan buah tangan. Seharusnya oleh-oleh Lampung yang anda bawa. Mulai dari makanan, kopi bahkan sampai kain khas Lampung. Semuanya bisa diperoleh dengan mudah di kota Lampung. Jelas berbeda ketika anda membeli produk Lampung di kota atau wilayah lain. Selain dari harganya, kualitasnya juga belum tentu sesuai dengan yang diharapkan sebagai pembeli.

Lampung sendiri, selain terkenal dengan wisatanya. Bisa dikerjakan juga sangat kental budaya dan nilai tradisional. Ada berbagai jenis makanan tradisional di Lampung. Beberapa bahkan dipilih dan dipromosikan sebagai salah satu buah tangan khas dari Lampung. Seperti itulah yang terjadi di berbagai kota di Indonesia. Surabaya juga punya oleh2 khas Surabaya. Di mana sebagain besar merupakan hasil produk dan karya masyarakat asli Surabaya. Ini menunjukan bahwa sebenarnya kita punya nilai jual yang sangat lebih. Apalagi kalau dikolaborasikan dengan potensi wisata di Indonesia ini. Segera menyimak beberapa oleh-oleh asli dari Lampung berikut.

pxhere.com

Inilah Rekomendasi Oleh-oleh Yang Bisa Dibeli di Lampung

Pilihannya ada beragam yang bisa dijadikan sebagai oleh oleh Lampung. Namun, tidak semuanya mampu menarik minat pelancong yang hadir. Lebih banyak para wisatawan tertarik dengan makanan atau kudapan asli Lampung. Selain praktis, biasanya juga mudah untuk ditemukan dan dinikmati. Termasuk juga masalah harga yang bisa dikerjakan lebih terjangkau dibandingkan harus membeli produk kerajinan dari Lampung. Melihat itu semua, maka yang akan diberikan di kesempatan ini ialah beberapa jenis olahan yang ada di Lampung. Mulai dari makanan sampai dengan minuman khas Lampung. Siapa tahu akan memberikan informasi anda dalam memilih oleh-oleh.

Berikut ini adalah beberapa makanan serta minuman yang ada di Lampung. Diberikan beserta ciri khasnya yang membedakan dengan yang lainnya. Simak ulasan selengkapnya.

  • Kopi Lampung

Kopi nampaknya menjadi minuman yang begitu familiar di Indonesia. Beberapa wilayah di Nusantara mempunya perkebunan kopi yang terbaik. Salah satunya ialah di Lampung. Hasil perkebunan kopi yang ada di sana kemudian dijadikan sebagai minuman khas Lampung. Memiliki citarasa yang berbeda dari kopi biasanya. Selain anda bisa membawa dalam bentuk bubuk atau biji kopi. Tenyata, anda bisa mencicipi terlebih dahulu rasa aslinya. Bisa ditemukan di kedai kopi sekitaran kota Lampung.

pxhere.com
  • Kemplang

Tak ada daerah lain yang punya makanan bernama kemplang. Camilan yang serupa dengan kerupuk, namun dibuat dengan memakai bahan utama ikan. Sehingga hasil rasa yang dihasilkan sangat khas gurih dan renyah. Hati-hati karena banyak produk yang menipu Anda. Kemplang yang asli, bisa dilihat dari rasa ikan yang dihasilkan akan sangat terasa. Kalau dijadikan sebagai oleh-oleh biasanya diberi kemasan dan ditambahkan dengan sambal sebagai teman saat dimakan.

  • Sambal Lampung

Dijadikannya sambel Lampung sebagai oleh-oleh tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang suka masakan dengan rasa pedas. Hal itulah yang mungkin menjadi alasan ada oleh oleh sambal khas Lampung. Kalau ingin anda jadikan oleh-oleh, anda bisa memilih sambel bawang, terasi, cuka atau ikan peda. Pilih sesuai selera saja.

  • Lempok Durian

Makanan yang memiliki rasa manis begitu khas. Kalau di wilayah Jawa kudapan ini hampir serupa dengan makanan jenang ataupun dodol. Pembuatan bisa dibilang tidak jauh berbeda. Hanya saja yang dipakai adalah buah durian kemudian dengan dicampur gula dan dimasak hingga kental seperti dodol.

  • Pempek

Tidak hanya di Palembang saja, pempek juga bisa ditemukan di Lampung. Rasanya tentu ada perbedaan, silahkan coba saja untuk mengetahui rasa yang sebenarnya. Ada beberapa varian seperti lenjer, kapal selam dan keju.

  • Keripik Pisang

Inilah jenis oleh-oleh yang banyak dibawa dari Lampung, keripik pisang. Sangat berbeda dengan keripik pisang pada umumnya. Di mana memiliki rasa seperti manis, gurih, pedas, dan paling populer ialah dengan rasa coklat.

pxhere.com

Tips Membeli Oleh-oleh Yang Tepat

Anda sudah tahu beberapa pilihan untuk oleh-oleh Lampung. Tentu saja agar bisa mendapatkan itu semua anda harus mencarinya. Di Lampung, anda bisa menemukan dengan mudah beberapa toko oleh-oleh. Akan tetapi, kualitas produk yang dijual juga perlu menjadi perimbangan. Semisal membeli makanan kemplang, anda salah pilih. Mendapat yang palsu, dengan rasa ikan yang tidak begitu terasa. Oleh karena itulah, anda perlu melakukan beberapa langkah yang tepat dalam membeli oleh-oleh.

Pertama kali mesti melihat dahulu budget anda dalam membeli. Pastikan anda tahu apa yang akan dibeli agar tidaklah bingung ketika di tempat. Kalau sambil jalan-jalan menikmati Lampung, anda bisa membeli di pasar tradisional. Biasanya oleh-oleh masih begitu asli dan tidak dipakai bahan pengawet. Tetapi, kalau ingin ditoko oleh-oleh tidak masalah. Asalkan anda bisa memilih dengan tepat toko oleh-oleh yang bisa dipercaya. Semoga bisa membantu mencari buah tangan!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *