Partisi masjid atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan nama pembatas masjid menjadi salah satu barang yang pasti ada di dalam masjid. Keberadaan dari pembatas masjid ini biasanya digunakan sebagai pembatas antara laki – laki dan perempuan ketika akan menunaikan ibadah shalat. Partisi ini mulai banyak diproduksi dengan berbagai bentuk, anda bisa mendapatkan berbagai bentuk pilihan pembatas masjid yang menarik. Keberadaan dari partisi ini selain sebagai pembatas, partisi juga dijadikan salah satu pemanis ruangan sehingga bisa menunculkan tampilan yang menarik dan membuat nyaman orang yang memandangnya.

Banyaknya pembatas masjid yang bisa anda dapatkan anda perlu menentukan partisi yang sesuai dengan keadaan ruangan tersebut. Selain partisi ada juga hal yang lebih menarik untuk anda sediakan di dalam sebuah masjid yakni karpet. Karpet masjid juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan, pasalnya anda bisa memilih salah satu karpet yang sesuai dengan suasana ruagan tersebut. Selain bermotif anda juga bisa mendapatkan karpet yang polosan di karpet masjid polos. Menentukan karpet yang akan dipasang di dalam ruangan masjid harus anda perhatikan dengan baik.

unsplash.com

Jenis Pembatas Masjid yang Bisa Dipilih

Pembatas masjid dibagi menjadi dua yakni dari kayu dan ada juga yang berasal dari stainless steal. Pembatas masjid ini memang diproduksi dengan banyak pilihan sehingga lebih mudah ketika ada orang yang ingin membelinya. Berikut ini penjelasannya :

  1. Jenis kayu

Jenis kayu menjadi partisi masjid yang sudah lama digunakan di beberapa masjid. Pembatas masjid yang menggunakan kayu ini tidak seuntuhnya hanya menggunakan kayu saja melainkan ada juga yang ditambahkan menggunakan rotan sehingga tampilannya lebih menarik dan juga awat. Pembatas dari kayu ini biasanya ditampilkan dengan berbagai warna yang menarik.

  1. Jenis stainless steel

Semakin berkembangnya jaman membuat semakin perkembangnya juga pembatas masjid ini. Anda bisa dengan mudah mendapatkan jenis stainless steel karena belakangan lebih banyak yang memilih menggunakan jenis pembatas yang satu ini. Jenis stainless ini biasanya ditambah dengan adanya kain sebagai pemanis, kain ini ada berbagai macam warna dan juga bahan. Anda bisa memilih menggunakan pembatas dengan warna yang sesuai dengan warna ruangan masjid tersebut.

Pada dasarnya setiap orang lebih memilih menggunakan yang berbaha stainless steel pasalnya dengan menggunakan jenis yang satu tersebut anda akan lebih mudah dalam melakukan perawatannya. Itulah yang membuat banyak orang yang lebih memilih menggunakan stainless steel. Selain itu jenis stainless ini juga terbilang paling awet dibandingkan dengan kayu yang lebih mudah rapuh, sehingga belakangan ini lebih banyak digunakan pembatas masjid dari stainless steel sebagai pilihan yang tepat.

pixabay.com

Tips Memilih Pembatas Masjid yang Cocok

Banyaknya pilihan partisi masjid pasti membuat anda semakin bingung menentukan pilihan ingin menggunakan bahan jenis yang mana. Ada beberapa tips yang bisa anda perhatikan untuk mendapatkan pembatas masjid yang sesuai ruangan tersebut. Inilah tips yang bisa anda perhatikan :

  1. Beli jadi atau menggunakan desain

Jika anda tidak mempunyai banyak waktu maka anda bisa dengan mudah langsung membeli salah satu pembatas masjid yang sesuai dengan keinginan anda. Namun demi mendapatkan pembatas masjid yang sesuai keinginan anda, anda bisa menggunakan jasa desain yang ada. Kedua hal ini bisa membantu anda lebih mudah dalam menentukan ingin menggunakan pembatas masjid yang seperti apa.

  1. Ukuran pembatas

Hal penting yang perlu anda perhatikan adalah ukuran dari pembatas masjid yang anda butuhkan. Alangkah baiknya jika anda mengukur ruangan masjid terlebih dahulu sehingga bisa dengan mudah untuk mendapat ukuran yang sesuai.

  1. Pemilihan bahan

Bahan dari partisi masjid ada dua yakni berbahan kayu dan stainless steel, anda bisa memilih salah satu bahan dari pembatas masjid yang sesuai dengan keinginan anda. Selain itu anda juga bisa memilih bahan dari kain yang digunakan sebagai pembatas, ada banyak pilihan bahan kain yang bisa anda gunakan.

pixabay.com
  1. Warna yang sesuai

Pemilihan warna dari pembatas masjid ini juga perlu untuk anda perhatikan, akan lebih baik jika anda memilih warna yang sesuai dengan ruangan tersebut. Hal ini akan membuat tampilan ruangan lebih indah ditambah dengan warna pembatas masjid yang sesuai.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan pembatas masjid yang cocok untuk anda pilih. Selain itu anda juga bisa menggunakan beberapa pertimbangan – pertimbangan lainnya yang bagi anda sangat penting untuk menentukan pembatas masjid tersebut. Menentukan pembatas masjid menjadi hal yang wajib untuk anda perhatikan pasalnya dengan menggunakan pembatas maka tampilan ruangan akan menjadi lebih berwarna pula.

Menggunakan pembatas masjid dan karpet masjid akan membuat penampilan ruangan masjid menjadi lebih menarik dan mampu membuat jemaah menjadi lebih nyaman untuk menggunakan ruangan tersebut. Selain karpet dan juga pembatas masjid ada beberapa hal lainnya yang bisa anda perhatikan demi mendapatkan tampilan ruangan masjid yang indah. Semoga ulasan ini bisa membantu anda lebih mudah dalam menentukan pembatas masjid yang cocok.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *