Di era digital, internet memang menjadi sebuah kebutuhan yang keberadaanya dapat mempermudah segala hal. Mulai dari akses informasi hingga belanja. Tapi tahukah kamu perjalanan internet dari awal munculnya sampai sekarang ini? Jika belum, tidak ada salahnya kamu menikmati ulasan pengertian internet berikut ini. Check this out!

Mengenal ARPANET

Pada mulanya, jaringan awal internet merupakan jaringan komputer yang dibuat Departemen Pertahanan Amerika di tahun 1969). Proyek untuk membuat jaringan ini dilakukan oleh lembaga ARPA sehingga jaringan yang dikembangkan diberi nama ARPANET. Nama tersebut merupakan singkatan dari “Advanced Research Project Agency Network” dengan tujuan awal berupa kepentingan militer. Kala itu, Departemen Pertahanan Amerika menyebarkan jaringan sistem komputer dengan cara menghubungkan antara satu komputer di daerah penting untuk berjaga-jaga jika ada serangan nuklir. Langkah ini bertujuan untuk mempercepat akses informasi dan memudahkan penghilangan data kala perang.

Di masa berdirinya, ARPANET hanya menghubungkan University of Utah, University of California, Santa Barbara, dan Stanford Research Institute dalam jaringannya. Jadi, total ada 4 sistem saja yang mereka hubungkan antar satu sama lain. Meski dibuat di tahun 1969, ARPANET sendiri baru muncul ke publik di tahun 1972 tidak lama setelah jaringan ini berkembang luas di berbagai daerah. Akibatnya, seluruh Perguruan Tinggi di Amerika meminta bergabung dan membuat ARPANET kewalahan dalam menanganinya.

Oleh karena itu, jaringan ini kemudian dipecah menjadi dua, yakni satu untuk kepentingan militer dan satu untuk non-militer. Kepentingan non militer disini biasanya berupa keperluan riset yang dilakukan di Universitas, sedangkan kepentingan militer disebut “MILNET”. Nantinya, kedua jaringan ini bergabung kembali dan berganti nama menjadi DARPA Internet yang kini telah disederhanakan penyebutannya menjadi Internet.

www.pexels.com

Perjalanan Dari Tahun ke Tahun

Jika kita ingin menyimak secara rinci perjalanan internet dari tahun ke tahun, ada baiknya kita simak ulasan berikut ini!

Tahun 1950 sampai 1960-an

Awalnya, di tahun 1957, Rusia (Uni Soviet) dulu meluncurkan Sputnik, yakni sebuah wahana luar angkasa. Baru di tahun 1958 lantaran Amerika merasa “kalah” dari peluncuran ini, maka Departemen Pertahanan Amerika membentuk ARPA atau yang bernama lengkap Advanced Research Projects Agency seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nah, di tahun 1962, tulisan J.C.R. Licklider tentang visi dimana ada komputer yang saling terhubung satu sama lain akhirnya melahirkan sebuah riset oleh RAND Corporation. Tujuannya tentu untuk mempermudah kepentingan militer.

Di awal tahun 1960-an, teori tentang packet-switching baru dapat diimplementasikan di dalam kehidupan nyata. Hal ini terbukti dengan promosi “Cooperative Networking of Time-sharing Computers” yang dilakukan ARPANET di pertengahan 1960-an seperti yang sudah dijelaskan di ulasan sebelumnya. Setelah penggunaan sekitar 5 tahun, di tahun 1965 muncul “Hypertext” yang dikemukakan oleh Ted Nelson dan di tahun tahun 1968 dibentuk jaringan Tymnet.

www.pexels.com

Tahun 1970 sampai 1980-an

Di tahun 1970-an, anggota jaringan ARPANET yang dulunya berjumlah 4 komputer kini bertambah menjadi sekitar 23 buah. Komputer yang terhubung tersebut semuanya merupakan komputer riset yang dimiliki Universitas dan Pemerintah Amerika. Kemudian di tahun 1971, Ray Tomlinson menyempurnakan e-mail yang diciptakannya di tahun sebelumnya untuk kepentingan ARPANET. Tentunya, program ini langsung populer karena kemudahan penggunaannya. Bahkan, di tahun tersebut, lambang penting dalam dunia pemograman alias @ (at) diperkenalkan.

INWG atau yang disebut International Network Working Group mulai terbentuk di tahun 1972. Kelompok ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan jaringan komputer dan standar-standarnya, termasuk Internet. Disinilah Bapak Internet alias Vint Cerf melakukan pembicaraan pertamanya. Di tahun yang sama sampai tahun 1974, terdapat pengkomersilan layanan basis data, sebut saja Dialog, SDC Orbit, Lexis, The New York Times DataBank, dan lain sebagainya. Tentunya semua mendaftarkan diri dalam jaringan ARPANET dengan cara dial-up.

Adapun rangkuman beberapa kejadian penting yang terjadi antara kurun waktu 1970 sampai 1980-an tersebut adalah sebagai berikut :

  1. ARPANET merambah kawasan luar Amerika Serikat dengan masuknya anggota dari beberapa universitas luar Amerika seperti University College of London dan Royal Radar Establishment.
  2. Bob Kahn dan Vinton Cerf yang merupakan para ahli komputer tampil di muka umum di Universitas Sussex dengan mempresentasikan pemikiran tentang cikal bakal internet. Judul artikelnya berupa “A Protocol for Packet Network Interconnection”.
  3. Telenet dibuka ARPANET dan menjadi produk komersial pertama di tahun 1974. Hingga tahun 1977, jaringan ARPANET mempunyai sekitar 111 buah komputer.
  4. Protokol TCP terpecah menjadi dua di tahun 1978, yakni Transmission Control Protocol dan Internet Protocol.
  5. Grup diskusi yang terdiri dari Tom Truscott, Jim Ellis, dan Steve Bellovin pertama kali dibuat. Tepatnya di tahun 1979 berdampak pada meningkatnya penggunaan internet.
www.pexels.com

Awal Tahun 1980 dan Wabah PC

Tidak ada yang menyangka jika di awal tahun 1980, penggunaan PC alias komputer pribadi mulai mewabah dan menjamuri hidup manusia. Di tahun ini pula, layanan seperti BITNET (Because It’s Time Network), CSNET (Computer Science Network), dan layanan lain dibangun. BITNET berguna untuk e-mail, mailing list, dan juga untuk File Transfer Protocol (FTP) sedangkan CSNET berguna untuk para ilmuwan yang tentunya mendapat dukungan dari University of Washington, BBN dan RAND Corporation, National Science Foundation (NSF), serta Purdue University. Jaringan tersebut memungkinkan penggunanya mencoba email tanpa harus melalui ARPANET.

Sejatinya, baru di tahun 1982 istilah “Internet” digunakan. Jaringan yang diadopsi untuk keperluannya tidak lain dan tidak bukan adalah TCP/IP. Di tahun itu pula, name server juga sudah mulai dikembangkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna agar tidak perlu izin untuk terhubung ke host. Kemudian 4 tahun setelahnya, muncul sistem domain yang saat ini dikenal dengan nama DNS alias Domain Name System. Sistem ini bertujuan untuk menyamakan pemberian nama di jaringan komputer.

Tahun 1990 Menjadi Cikal Bakal World Wibe Web

Baru di tahun 1990 muncul browser dan program editor yang dikemukakan oleh Tim Berners Lee. Program ini berfungsi menjelajahi jaringan komputer yang saling terhubung dan diberi nama World Wide Web alias www sampai sekarang. 4 tahun setelahnya, berkembanglah situs internet menjadi sekitar 3000 alamat beserta e-retail alias virtual-shopping. Di tahun tersebut juga muncul situs Yahoo! yang mana menandai kelahiran Netscape Navigator 1.0. Program tersebut berguna untuk memudahkan interkasi antara komputer global layaknya penggunaan internet masa kini.

www.pexels.com

Perkembangan Pesat di Tahun 2000-an

Mulai tahun 2000 hingga sekarang ini tahun 2019, perkembangan internet dunia sudah semakin pesat dan tidak terbendung lagi. Salah satu buktinya adalah dengan munculnya jutaan hingga milyaran situs yang tidak hanya penyampai informasi saja, tapi juga berbasis bisnis digital.

Demikianlah ulasan mengenai pengertian internet. Tentunya dengan mengetahui cikal bakal internet, kita jadi lebih beretika baik dalam penggunaannya. Jangan sampai menyalahgunakan internet untuk tujuan yang tidak baik dan menodai tujuan awal penciptaannya. Jangan pula asal memilih paket internet. Pilihlah paket internet yang baik dan sesuai dengan isi kantongmu, contohnya saja Paket Internet Telkomsel. Sebagai salah satu produk perusahaan tanah air, tentunya dengan memakai Telkomsel, kita sudah mendukung kemajuan internet dalam negeri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *