Taaruf merupakan salah satu aktivitas yang diajarkan atau dianjurkan dalam islam untuk menjemput jodoh. Karena dalam agama islam, istilah pacaran tidak ada dan diharamkan. Jika ingin melaksanakan sunnah rasulullah yaitu menikah, Anda harus mempersiapkan CV taaruf. Cara taaruf juga tidak sembarangan dan bukan hanya ganti nama dari pacaran. Proses taaruf sangat jauh berbeda dengan yang namanya pacaran. Oleh karena itu baik laki-laki atau perempuan, Anda harus lebih hati-hati dalam memahami istilah tersebut.

Keberadaan curriculum vitae untuk taaruf sangat bermanfaat karena terdiri dari data privasi yang akan ditunjukkan kepada calon pasangan. Setelah cv diserahkan, ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan oleh calon. Jika ingin bertemupun, kedua calon harus didampingi oleh mahramnya dan tidak boleh hanya berdua saja. Oleh sebab itu, cv untuk taaruf sangat penting dibuat untuk menghindari hal yang dilarang Allah SWT.

Struktur Penulisan dalam CV Taaruf

Secara keseluruhan, format yang digunakan dalam curriculum vitae umum dengan curriculum taaruf tidak jauh berbeda. Namun ada beberapa hal tambahan yang dimasukkan dalam daftar riwayat hidur untuk taaruf. Adapun struktur penulisan yang sering digunakan untuk membuat curriculum vitae taarud adalah :

  1. Data pribadi atau profil

Hal utama yang menjadi struktur terbentuknya cv untuk taaruf adalah data pribadi atau profil. Profil merupakan data penting yang harus dicantumkan dalam cv. Hal ini bertujuan agar calon pasangan bisa melihat identitas yang Anda miliki. Hampir sama dengan identitas pada cv secara umum yang terdiri dari nama, alamat, tempat tanggal lahir dan informasi umum mengenai data pribadi.

 

  1. Riwayat pendidikan sekolah

Isi cv untuk taaruf memang mirip dengan cv lamaran kerja yang berisikan tentang riwayat pendidikan dari mulai TK, SD, SMP, SMA, Kuliah dan pendidikan lainnya. struktur riwayat pendidikan dicantumkan dengan tujuan agar calon dapat mengetahui bagaimana tingkat pendidikan yang Anda tempuh. Hal ini juga berarti untuk meyakinkan calon sendiri dan orang tuanya tentang pendidikan Anda.

 

  1. Riwayat organisasi di sekolah maupun kuliah

Jika Anda sewaktu sekolah atau kulias merasa pernah mengikuti suatu organisasi, maka tidak ada salahnya jika pengalaman tersebut Anda sebutkan pada cv. Tujuannya untuk memberikan informasi lebih tentang Anda dan kegiatanan semasa sekolah. Dengan riwayat organisasi, seseorang yang membaca cv Anda akan akan berfikir dan menentukan sikap apakah akan maju atau mundur.

 

  1. Pengalaman kerja Anda

Tuliskan dalam daftar riwayat hidup atau cv Anda tentang pengalaman kerja yang telah dilakukan. Tulis semua pengalaman kerja yang menurut Anda penting untuk dituliskan. Pengalaman kerja sangat penting dimasukkan untuk mencari siapa yang berminat melakukan taaruf dengan Anda. Terlebih jika Anda seorang ikhwan. Karena ikhwan merupakan tulang punggung keluarga atau kepala keluarga, maka pekerjaan merupakan salah satu hal yang menentukan.

 

  1. Tulis semua struktus di cv dengan jujur

Mencari jodoh yang halal tidaklah mudah, sama susahnya dengan mencari pekerjaan. Oleh sebab itu, Anda harus sabar menunggu yang tepat dan terbaik. Untuk itu, dalam penulisan semua data diri Anda diwajibkan dengan jujur-jujurnya karena hal ini akan menentukan masa depan rumah tangga Anda. Jika Anda menulisnya secara asal-asalan, maka akan berdampak buruk terhadap Anda maupun pasangan.

pxhere.com
  1. Gambaran diri sendiri

Untuk membuat cv yang benar, Anda harus memasukkan tulisan yang dapat menggambarkan diri dengan sebenar-benarnya. Cara ini bisa Anda lakukan dengan bertanya pada orang terdekat bagaiama gambaran diri Anda. Selain itu, Anda juga pasti bisa mengerti bagaimana Anda keseluruhannya. Tuliskan semuanya dengan jujur dan apa adanya. Gambaran diri bisa meliputi sifat positif, sifat negatif, hobby, tujuan, dan segala hal yang berhubungan dengan Anda.

 

  1. Visi Misi dalam pernikahan

Agar calon pasangan mengerti seperti apa Anda dan bagaimana Anda, maka perlu dimasukkan dalam cv yaitu visi misi selama pernikahan. Setiap manusia tentu mempunyai visi dan misi dalam hubungan pernikahannya. Visi dan misi yang dimaksud adalah tujuan pernikahan dan bagaimana cara yang harus ditempuh untuk merealisasikan visi tersebut. tujuan pernikahan yaitu untuk mendapat ridho dari Allah, maka pastinya visi misi tidak jauh dari mencari ridho Allah SWT. Namun bisa saja berbeda, oleh sebab itu Anda perlu mencantumkan visi dan misi.

 

  1. Bekal pernikahan

Sebelum Anda membuat sebuah cv, pastikan beberapa hal ini sudah disiapkan terlebih dahulu. Beberapa hal tersebut berupa bekal pernikahan. Pernikahan adalah suatu hal yang sakral menurut agama maupun negara, oleh sebab itu persiapannya harus sangat matang. Bekal pernikahan tersebut antara lain penguasaan ilmu, fisik, materi dan mental. Seblum memantabkan untuk mengambil keputusan taaruf, Anda juga harus mempunyai suatu persiapan agar semua proses dapat dilalui dengan baik. Bekal pernikahan sangat penting dalam rumah tangga dan keberlanjutannya.

 

  1. Tanggung jawab

Baik calon wanita maupun pria, jika Anda sudah memutuskan untuk bertaaruf maka harus tanggung jawab dengan keputusan yang Anda ambil. Terlebih khusus bagi para pria, tanggung jawab yang diambil harus sungguh-sungguh karena ini berhubungan dengan masalah keluarga. Pria adalah kepala kelluarga yang akan mempunyai tanggung jawab besar terhadap rumah tangganya. Selain itu, pria juga berkewajiban untuk memberikan naskah untuk istri dan anaknya sehingga harus benar-benar bertanggung jawab.

 

  1. Kriteria pasangan secara fisik

Setiap individu tentu mempunyai suatu kriteria tertentu dalam memilih pasangan. oleh karenanya, kriteria tersebut bisa langsung Anda tuangkan ke dalam cv agar bisa dilihat oleh orang-orang yang memenuhi persyaratan Anda secara firik. Sebagai contoh kriteria umum secara fisik yaitu tinggi atau pendek, putih atau sawo matang, kurus atau berisi dan lain sebagainya. Kriteria yang diberikan harus detail agar musah dipahami oleh pembaca.

 

  1. Kriteria pasangan secara non fisik

Jika Anda mempunyai sebuah kriteria pasangan secara nnonfisik, maka ungkapkan dalam cv agar semuanya jelas. misalnya kriteria non fisik Anda itu wanita atau pria yang sholeh shoeha, mempunyai pendidikan di jenjang tertentu, pintar mengajai dan lain-lain. Kriteria tersebut bisa disebutkan ke dalam daftar curriculum vitae. Tujuan dibuatnya kriteria ini, agar Anda lebih mudah menemukan calon pasangan yang diinginkan.

 

  1. Keinginan atau harapan

Sampaikan kepada calon pasangan melalui cv jika Anda mempunyai sebuah harapan atau keinginan tertentu. Seperti contoh harapannya Anda dan pasangan dapat menikah dengan biaya yang tidak terlalu mahal, keinginan acara resepsi seperti apa, mengharapkan keturunan yang bagaimana dan beberapa keinginan lain yang mungkin ingin Anda tuangkan. Buatlah keinginan secara jelas agar mudah dibaca dan dipahami.

 

  1. Rencana Jangka Pendek

Apabila Anda mempunyai sebuah rencana jangka pendek dalam pernikahan, tidak mengapa jika ingin ditampilkan pada cv. Tujuannya agar Anda mendapatkan seseorang yang mempunyai rencana atau tujuan yang sama dengan Anda. Tuliskan juga rencana jangka pendek yang seperti apa dan bagaimana Anda serta pasangan bisa untuk meraihnya. Karena rencana jangka pendek ini melibatkan kedua belah pihak, jadi harus dituliskan secara detai dan jelas.

 

  1. Rencana jangka panjang

Jika sebelumnya terdapat rencana jangka pendek, maka utarakan pula ketika Anda sudah memiliki rencana jangka panjang. Rencana ini dituliskan agar tidak terjadi penyesalah atau hal-hal yang tidak diinginkan setelah pernikahan. Pastikan Anda membuat rencana jangka panjang dengan baik dan benar serta logis, supaya calon dapat mengerti keinginan jangka panjang Anda seperti apa. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan jangan bertele-tele.

 

  1. Utarakan kondisi finansial Anda

Kondisi finansial sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pernikahan. Meskipun tujuan utamanya adalah mencari ridho Allah SWT. tetapi ketika berumah tangga kondisi finansial sangat mempengaruhi. Sebaiknya, ceritakan secara singkat dan jelas bagaimana kondisi finansial yang Anda alami agar calon pasangat dapat mengerti dan memahami. Conrohnya seperti kepemilikan rumah, harta benda dan lain sebagainya.

 

  1. Cantumkan pekerjaan Anda

Terutama bagi kaum ikhwan, pekerjaan merupakan point penting bagi calon pasangan untuk bisa menentukan pilihan. Karena tidak memungkiri, bahwa wanita juga membutuhkan hidup yang layak dan tidak serba kekurangan. Oleh sebab itu, cantumkan pekerjaan Anda agar menjadi pertimbangan bagi calon pasangan. Untuk kaum wannita, jika Anda adalah wanita karir maka tidak apa-apa jika dituliskan pekerjaan yang sedang Anda jalani.

 

  1. Jelaskan tentang keluarga

Pernikahan adalah suatu bentuk mempertemukan dua insan dengan latar belakang dan keluarga yang berbeda. Bukan hanya dua insan saja yang menikah, melainkan keluarga besarnya juga harus diperdulikan. Maka penjelasan singkat mengenai anggota keluarga Anda bisa disebutkan di cv. Mulai dari berapa jumlah saudara kandung Anda, nama-nama keluarga besar, dan bagaimana gambaran probadi masing-masing anggota keluarga. Hal ini juga akan menjadi daya tarik bagi pembaca.

pxhere.com

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Pembuatan Cv

Ada beberapa hal lain yang harus Anda perhatikan dengan baik jika ingin membuat contoh daftar riwayat hidup atau cv untuk taaruf. Karena taaruf merupakan tindakan dan keputusan besar untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius yaitu pernikahan, maka hal berikut ini harus Anda pelajari dan pahami :

  1. Penulisan harus rapi

Jika tulisan cv yang Anda buat rapi, maka seseorang yang akan membaca menjadi tertarik dan mudah untuk dibaca. Namun jika cv Anda berantakan, maka kemungkinan kecil peluang ada orang yang tertarik untuk membaca. Tulisan yang rapi juga enak dilihat, sehingga tidak akan menyulitkan calon pembaca. Oleh sebab itu, perhatikan tulisan Anda ketika membuat cv taarus.

 

  1. Tata letak harus benar

Selain tulisan, tata letak atau urutan dari isi cv juga harus sesuai. Hal ini dimaksudkan agar pembaca bisa dengan jelas memahami isi dari cv Anda. Jika tata letak tidak berurutan, maka akan semakin sulit untuk mengerti maksud dan tujuan cv milik Anda. Tata letak juga sangat berpengaruh untuk menarik minat pembaca. Perhatikan secara benar sebelum Anda memajang cv ditempat yang Anda inginkan.

 

  1. Format tulisan

Jika Anda membuat cv menggunakan microsoft word, maka ada beberapa format penulisan yang harus Anda sesuaikan. Perhatikan format yang digunakan secara benar agar tidak terjadi kesalahan. Format umum yang biasa digunakan terdiri dari font 12 times new roman atau calibri, dengan spasi sebesar 1,5 cm atau 2 cm. Format tersebut bukanlah menjadi patokan, hanya saja tujuannya agar terlihat rapi. Jika Anda menuliskan menggunakan tangan, maka harus jelas dan mudah dibaca.

 

  1. Gunakan bahasa yang sopan

Menulis cv untuk taaruf agak sedikit berbeda dengan cv lamaran kerja karena ada beberapa tambahan khusus. Penulisannya juga lebih banyak dan menggunakan bahasa ssendiri. Namun, jika Anda ingin cv dibaca untuk mendapatkan seseorang yang diinginkan, maka harus gunakan bahasa dan kalimat yang sopan dan tidak menyinggung perasaan pihak manapun. Dengan bahasa yang sopan, akan menambah point plus bagi calon pasangan yang tertarik dengancv Anda.

 

  1. Jujur dan apa adanya

Tulislah semua data yang Anda miliki di cv secara jujur dan apa adanya. Jangan pernah memalsukan data atau mengarang data, karena jodoh adalah cerminan diri Anda sendiri. Usahakan dalam menulis tidak usah dilebih-lebihkan karena ada beberapa orang yang enggan membacanya. Jadilah diri Anda sendiri dengan data-data yang ada di cv tersebut. Jangan membuat kebohongan data sedikitpun untuk menghindari sesuatu yang tidak diharapkan.

 

  1. Sebaiknya tidak memajang foto

Terutama untuk kaum akwat, apabila Anda hendak membuat cv taaruf alangkah baik jika tidak usah membubuhkan foto dalam cv. Karena hal itu bisa menjadikan sebuah fitnah atau sesuatu hal yang tidak baik, maka jangan memberikan foto Anda. Foto bisa menyebabkan banyak slah paham dan menimbulkan dosa jika digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Oleh sebab itu, Anda harus hati-hati terkait dengan foto tersebut.

pxhere.com
  1. Lebih hati-hati

Bagi kaum wanita yang ingin menjemput jodohnya dengan cara taaruf, maka lakukan taaruf tersebut sesuai dengan syariat islam. Karena saat ini banyak kegiatan taaruf yang menjurus kepasa hal pecaran, oleh sebab itu Anda harus lebih hati-hati terutama untuk para wanita sholeha. Hindari bertemu langsung dengan calon jika tanpa mahram dan jangan berikan kontak personal apapun kepada lawan jenis. Jika Anda menjaga diri dengan baik, maka Allah SWT akan menjaga Anda dengan sepenuhnya.

 

  1. Manfaat cv taaruf

Manfaat yang diberikan dengan menggunakan cv taaruf sangat banyak terutama bagi muslim maupun muslimah yang ingin menjemput jodoh secara halal. Cv dapat digunakan sebagai media mengenal lawan jenis tanpa menimbulkan dosa atau zina. Dengan membuat cv ini, Anda juga tergolong seseorang yang sudah siap dan mantab untuk berumah tangga. Cv juga diartikan sebagai media atau perantara Anda mengetahui bagaimana pribadi calon pasangan.

 

  1. Cv sebagai mediator

Salah satu mediator yang halal bagi seseorang yang ingin mendapatkan pasanagn berumah tangga yaitu menggunakan cv. Cv sebagai sebuah mediator untuk menikah. Dengan catatan harus memperhatikan adab-adab dalam bertaaruf. Keberadaan cv juga merupakan langkah awal untuk melakukan proses taaruf. Setelah cv dan data-data lain di proses,maka lagkah selanjutnya berkenalan melalui mediator orang lain. Usahakan mencari mediator yang sudah menikah agar tetap aman. Proses perkenalan juga harus didampingi semama mahramnya.

 

  1. Tindak lanjutan dari proses

Awal mula yang menyerahkan biodata atau cv dari pihak ikhwan kemudian baru diberikan dari pihak akhwat. Setelah proses data-data diserahkan, maka akan diproses satu persatu. Lalu setelah itu penindaklanjutan dari proses taaruf. Proses taaruf sendiri dilakukan tidak boleh lebih dari 3 bulan.

 

Prosedur dan struktur dari cv taaruf bisa Anda lihat dipenjelasan di atas. semoga informasi tersebut memberikan manfaat bagi pembaca untuk melaksanakan proses pernikahan secara halal. Kunjungi web untuknegeri.net jika membutuhkan informasi lain yang terkait.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *