Printer adalah alat yang digunakan untuk mencetak dokumen pada komputer atau laptop dengan cara menghubungkannya pada pc yang tersedia. Dengan semakin majunya teknologi, berbagai jenis printer pun bermunculan. Ada teknologi printer mini yang berguna untuk mencetak dokumen sacara lebih praktis.

Printer mini merupakan salah satu terobosan printer yang berukuran kecil dan dapat disambungkan dengan handphone. Printer mini biasanya digunakan untuk mencetak dokumen kecil seperti struk kasir atau foto.

Untuk menginstal printer, termasuk printer mini, Anda harus mengetahui apa itu drivers. Pada perangkat komputer, driver bukan berarti supir, melainkan sebuah istilah dalam dunia komputer yang merujuk pada suatu perangkat lunak (software) yang akan membuat sistem komputer dapat memahami atau berkomunikasi dengan perangkat keras (hardware).

Printer drivers adalah sebuah bagian dari perangkat lunak pada laptop atau komputer yang berguna untuk mengubah data yang hendak dicetak menjadi sebuah format kode yang dipahami oleh komputer atau laptop tersebut. Printer drivers ini memiliki berbagai jenis, tergantung dari merk printer yang tersedia. Ada printer drivers untuk merk hp, canon, dan lain-lain. Nah, apa saja sebenarnya manfaat printer drivers?

www.pexels.com

Manfaat printer drivers dan berbagai sistem operasinya

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa printer drivers tentunya bermanfaat bagi instalasi printer di laptop atau komputer Anda. Dengan printer drivers, printer tersebut dapat menerjemahkan format yang diinginkan atau printer dapat berkomunikasi dengan komputer. Tanpa adanya printer drivers, printer tidak akan bekerja karena tidak dapat menerjemahkan kode dari komputer. Setelah proses instalasi, barulah printer dapat bekerja karena sudah memiliki kemampuan untuk menerjemahkan data.

Ada beragam sistem operasi dari printer drivers sendiri. Berbagai sistem operasi printer drivers ini telah berkembang dan memiliki program instalasi yang berbeda. Di bawah ini akan dibahas mengenai jenis-jenis printer drivers dari berbagai jenis sistem operasi yang berbeda.

  1. Unix dan unix-like

Unix dan unix like atau sistem yang mirip dengan unix sepetri Linux dan OS X menggunakan sistem CUPS atau Common Unix Printing System yang berarti sistem print biasa. Sistem ini merupakan sistem yang berupa pencetakan modular untuk printer unix-like. Dengan sistem ini, komputer memiliki kuasa untuk menjadi server pencetak atau mengendalikan sistem pencetakan.

Komputer yang menjalankan sistem CUPS ini adalah komputer utama yang berperan sebagai host. Host ini dapat menerima pekerjaan cetak dokumen dari komputer lain. Setelah itu, komputer host akan memproses dokumen yang dimaksud dan mengirimkannya ke printer yang sesuai. Printer drivers biasanya diterapkan sebagai filter atau penyaring dokumen. Printer drivers juga biasanya disebut front end atau ujung depan sistem pencetakan, sedangkan spooler printer merupakan ujung belakang dari pencetakan.

www.pexels.com
  1. DOS

Sistem DOS dapat mendukung perangkat karakter yang telah ditentukan PRN yaitu LPT1, LPT2, dan LPT3 terkait dengan printer paralel atau bersusun yang didukung dalam sistem. Selain itu, printer serial juga dapat digunakan dengan AUX COM1, COM2, COM3 dan COM4. Pengguna dapat langsung memberikan perintah seperti “COPY FILE ke LPT1”, maka file yang dimaksud akan segera bekerja sesuai perintah dengan diproses oleh LPT1. LPT1 akan mencetak file yang diberikan oleh perintah dari pengguna.

 

Namun, di dalam sistem ini, file diproses secara langsung tanpa melalui interpretasi atau penerjemahan apapun dari printer. Oleh karena itu, sistem ini lebih baik digunakan pada file yang langsung berbahasa printer yang sesuai atau dengan format garis sederhana sehingga dapat langsung dipahami.

 

Sistem DOS juga menyediakan spooler cetak yang dapat dimuat secara dinamis yang disebut PRINT. Selain itu, ada fitur opsional untuk mendukung screen capture atau tangkapan layar juga dalam mode grafis melalui GRAPHICS sehingga gambar yang dihasikan lebih jernih. DOS menyediakan juga fitur pendukung pengalihan halaman kode juga untuk printer yaitu berbagai jenis dot matrix dan printer ink jet yang didukung secara default dari aslinya.

 

Untuk mendukung proses pencetakan yang lebih rumit atau kompleks dari berbagai model printer, setiap aplikasi pengolah kata dapat dikirimkan dengan printer drivers sendiri. Printer juga telah disediakan driver untuk mendukung aplikasi yang paling populer. Selain itu, aplikasi tersebut bisa saja menyertakan alat untuk mengedit deskripsi printer secara umum jika tidak ada driver yang bisa digunakan.

 

Saat sistem DOS ini digunakan secara luas oleh khalayak umum, banyak printer yang memiliki mode komando untuk perintah Epson FX-80 dan IBM Proprinter. Banyak printer laser yang lebih baru juga memiliki mode emulasi untuk HP PCL atau laser jet, juga printer PostScript yang akan berfungsi dalam DOS.

www.pexels.com
  1. Windows

Pada sistem Microsoft windows, programnya menggunakan sistem printer drivers berupa GDI atau XPS. Program ini memiliki sistem yang akan menggambar file tulisan ataupun gambar di kertas dengan hasil yang sama dengan file aslinya menggunakan sistem API.

 

Printer yang menggunakan GDI biasanya disebut sebagai Winprinters dan dianggap tidak mampu bekerja selaras dengan sistem operasi lain, meskipun ada perangkat lunak seperti PrintFil yang akan membuat printer ini bekerja menggunakan sistem DOS dalam Windows. Printer drivers windows biasanya terletak di folder C: \ Windows \ System32 \ DriverStore \ FileRepository pada mesin Windows.

 

  1. Amiga

Sistem ini adalah program AmigaOS asli hingga 1.3 supported printers yang didukung oleh serangkaian driver standar yang tersimpan di jalur yang diperlukan yaitu DEVS printers. Semua file yang hendak digunakan tersedia dalam direktori tersebut, termasuk pula mencakup printer standar pada tahun 1985-1989, hingga driver standar Epson FX, Xerox 4020, HP, dan sebagainya.

 

Setiap driver printer Amiga harus berkomunikasi dengan melalui printer Amiga standar. Perangkat standar Amiga akan bekerja sama dengan printer dan perangkat paralel standar atau perangkat yang mengontrol port parallel. Selanjutnya, printer driver kemudian akan mengontrol printer dengan sendirinya.

Printer driver Amiga merupakan sebuah inovasi bagi perkembangan teknologi printing. Driver Amiga ini membuat penggunanya tidak perlu mengatur atau mengkonfigurasi proses pencetakan masing-masing aplikai secara manual yang pastinya akan memakan waktu yang sangat lama. Printer drivers Amiga memiliki kemampuan untuk mencetak hingga 4096 warna sehingga hasil cetakan lebih hidup dan berwarna cerah.

 

Ada juga fitur Preferensi printer yang dapat membuat penggunanya memilih agar printer dapat dihubungkan ke port serial juga. Driver printer Amiga juga memiliki fitur pendukung untuk perangkat virtual PRT yang akan merujuk ke printer device. Misalnya perintah “COPY file TO PRT” menyebabkan file yang akan dicetak langsung melewati bypassing parallel device dan driver printer default.

Amiga menggunakan kode ANSI untuk menjalankan programnya, bukan kode khusus yang ditentukan oleh berbagai produsen printer. Dengan cara ini, setiap aplikasi pada Amiga dapat menggunakan rangkaian kontrol standar yang sama dan tidak perlu mengetahui dan mengatur printer mana yang terhubung pada sistem. Driver printer kemudian menerjemahkan urutan standar ini menjadi sebuah urutan kode khusus yang akan dapat dipahami oleh printer tertentu.

 

Setelah mengalami perubahan zaman, driver printer Amiga mengalami inovasi yang mengubah beberapa fungsinya. Dibuat sistem Amiga 2.0 yang menjadi sebuah printer standar. Perangkat sistem diubah untuk mengendalikan berbagai printer secara bersamaan dalam satu sistem yang sama. Preferensi atau pengaturan Printer dibagi menjadi tiga panel utama yaitu Prefs, printer GFX, dan Printer PS.

www.pexels.com

Prefs adalah Printer yang dapat memilih printer utama dan elemen-elemen dasar lainnya seperti “Print Spacing” dan “Paper Size”. Sedangkan Printer GFX dapat mengontrol fitur-fitur seperti Dithering dan Scaling. Sementara itu, Printer PS dapat mengendalikan Postscript Printers. Driver printer ini memiliki fitur yang keunggulannya tetap hampir sama dengan Workbench 1.3, dengan batas 4.096.

 

Hal ini membuat pengguna Amiga lebih memilih Sistem Printer third party yang memimiliki driver mereka sendiri, seperti Turbo Print dan Print Studio. Sistem ini tidak hanya memperkenalkan driver terbaru, tetapi juga menampilkan Printer Spooler yang juga dapat berfungsi ke Amiga dan dapat menampilkan hingga 16 juta warna pencetakan. Angka yang fantastis ini membuat hasil pencetakan memiliki warna yang lebih jernih dan cerah. Bahkan, sistem MorphOS menggunakan versi khusus Turbo Print untuk mengemudikan printer terbaru.

 

Banyak program Amiga seperti program DTP yang menjadi Page Stream karena dapat digunakan dengan driver printernya sendiri. Printer USB juga dapat secara otomatis dikenali oleh fitur Poseidon USB Stack. Stack ini mampu mendeteksi perangkat USB apa pun berdasarkan kelasnya, tetapi printer tetap memerlukan driver yang harus mengontrol jalannya sistem.

Berbagai sistem ini mengontrol jalannya printer dalam mencetak dokumen. Yang lebih penting, pemilihan penggunaan sistem akan mengatur bagaimana sistem pencetakan akan berjalan. Sistem Unix, Dos, windows, hingga amiga ini merupakan variasi dari banyaknya jenis printer drivers yang menjadikan proses pencetakan dapat berjalan.

Banyak orang yang tidak menyadari printer drivers ternyata digunakan di mana-mana. Contohnya saat sedang memfoto copy dokumen atau mengeprint di tempat foto copy, sebetulnya komputer-komputer yang ada di tempat foto copy tersebut dihubungkan oleh suatu sistem printer drivers yang akan memungkinkannya untuk mencetak banyak dokumen dengan salah satu printer tertentu.

Untuk menginstal printer drivers pada printer mini, perlu beberapa langkah khusus. Berikut ini adalah langkah untuk menginstal printer mini.

www.pexels.com

Cara menginstal printer mini

Agar printer mini dapat digunakan, langkah penginstalannya berbeda karena printer driversnya berbeda. langkah tersebut harus Anda lakukan satu per satu.

  1. Masukkan atau pasang roll paper

Printer mini perlu menggunakan roll kertas agar bisa mencetak. Anda perlu memasukkan kertas roll 58 mm dengan membuka cover atas printer.tarik sedikit bagian kertas, kemudian potong dengan alat pemotong yang sudah disediakan.

  1. Nyalakan printer

Agar printer mini dapat tersambung, nyalakan printer. Printer mini dapat tersambung setelah menyalakan tombol on dan sambungkan kabelnya.

  1. Install printer driver

Untuk menginstal printer driver pada printer mini, Anda perlu membuka folder yang tersedia setelah Anda mendownload printer drivernya. Anda dapat mendownload printer driver di link resmi dari merk printer tersebut. Setelah itu, klik tombol instalasi. Akan muncul installation wizard, klik next. Setelah proses tersebut selesai, printer mini dapat langsung digunakan.

Demikianlah pembahasan mengenai printer mini, printer drivers, cara menginstalnya, serta apa jenis sistemnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *