Pulau jawa terbagi tiga bagian. Bagian – bagian tersebut adalah jawa timur, jawa tengah dan jawa barat. Ketiga tempat tersebut memiliki banyak keunikan tersendiri . keunikan masing – masing dari daerah tersebut memberikan kesan khusus pada tiap daerah. Kekayaan alam adalah salah satu keuntungan yang dimiliki oleh daerah – daerah tertentu akan tetapi tidak semua daerah dikaruniai oleh kekayaan alam yang mumpuni. Sering kali daerah – daerah tersebut tidak memiliki kekayaan alam hal itu membuat banyak daerah harus putar otak untuk membuat wistawan dating ke tempat mereka. Diantara tempat – tempat di jawa jawa timur memiliki banyak keragaman budaya serta kekayaan alam yang sangat menarik untuk dijelajahi.  Selain kekayaan alam wilayah jawa timur juga memiliki bangunan – bangunan unik yang sangat menarik perhatian wisatawan. Rumah adat jawa timur memiliki banyak keunikan dan juga filosofi disetiap ruanganya.  Banyak orang yang mulai memperhatikan struktur rumah adat ini. Ketertarikan masyarakat pada bentuk rumah ini membuat banyak orang berbondong – bondong untuk mengaplikasikan bentuk rumah ini pada hunian mereka. Selain menggunakan jasa dari arsitek banyak orang yang mulai beralih ke Casanesia.com untuk mencari desain rumah terbaik pilihan mereka. Hal tersebut untuk membantu masyarakat memilih bentuk rumah yang sesuai ddengan keinginan dan impian.

pxhere.com

Filosofi dan Kegunaan Ruangan Rumah Adat Jawa Timur

Terdapat berbagai filosofi dari bentuk rumah adat jawa timur. Filosofi tersebut di dapat dari berbagai hal yang melatar belakangi pendirian dan juga manfaat dari ruangan tersebut. Ruangan dalam sebuah rumah adat memiliki beberapa jenis. Hal tersebut juga berpengaruh pada filosofi penggunaannya. Filosofi dan kegunaaan ruangan – ruangan pada rumah adat antara lain adalah :

  1. Pendopo

Rumah adat jawa timur ini terkesan sama dengan rumah adat yang berasal dari jawa tengah. Rumah adat jawa timur ini sekilas mirip dengan rumah adat joglo jawa tengah akan tetapi bagian – bagian dalam rumah memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Salah satu bagian yang sama antara rumah adat jawa tengah dan jawa timur adalah bagian pendopo. Bagian pendopo adalah bagian depan dari sebuah rumah adat. Bagian ini biasnaya digunakan untuk menerima tamu – tamu dari luar. Bagian pendopo ini memiliki filosofi bersatu dengan alam. Pendopo adalah sebuah ruang terbuka yang dibuat tanpa memiliki sekat. Hal ini untuk memberikan kesan luas dan juga menyatu dengan alam sesuai dengan filosofi yang terdapat pada pendopo itu sendiri.

pxhere.com
  1. Pringitan

Ruangan ini adalah ruangan penghubung antara ruang dalam dan pendopo. Ruang ini memiliki pilar – pilar besar dan kecil yang dapat digunakan sebagai penyekat – penyekat ruangan kecil. Dalam setiap bagian pringitan ini terdapat beberapa symbol unik yang menjadi ciri khas dari rumah adat ini. Pringitan biasanya digunakan sebagai tempat menggelar pertunjukan wayang kulit.  Ruangan ini melangkah lebih dalam dari pendopo sehingga memiliki area yang lebih privat lagi akan tetapi pringitan ini masih terbuka untuk umum pada acara – acara tertentu.

 

  1. Omah njero atau rumah bagian dalam

Dalam ruangan ini terdapat berbagai macam perabot yang terdapat dalam ruangan. Ruangan – ruangan ini biasnaya digunakan sebagai tempat berkumpul keluarga – keluarga inti. Omah njero dalam rumah adat jawa timur ini sering kali digunakan untuk tempat privasi para anggota keluarga. Tempat ini biasa digunakan untuk membuat keputusan atau bermusyawarah mengenai masalah – masalah yang menyangkut anggota keluarga.

 

  1. Senthong atau kamar tidur

Kamar tidur ini biasanya digunakan oleh banyak masyarakat jawa timur untuk mengistirahatkan tubuh. Sentong ini memiliki filosofi kehidupan pribadi dari para penghuninya. Kehidupan pribadi para penghuni akan tercover dalam kamar tidur ini.

 

  1. Dapur atau pawon

Tempat ini berfungs untuk menyimpan bahan makanan. Semua kebutuhan keluarga disimpan di tempat ini hal tersebut pula yang membuat tempat ini sebagai jantung dari rumah tersebut.  Pawon ini biasanya bergabung denagn ruang makan. Ruangan yang biasanya digunakan untuk berkumpul keluarga inti setiap hari. Kehangatan keluarga akan terjalin di tempat ini.

pxhere.com

Jenis – Jenis Rumah Adat Jawa Timur

Selsain filosofi yang terdapat pada rumah adat jawa timur dan juga bagian – bagian rumah adat tersebut terdapat beberapa jenis rumah adat jawa timur yang mungkin tidak asing lagi bagi masyarakat masa kini. Berikut beberapa rumah adat jawa timur yang cukup terkenal:

  • Rumah adat using, rumah adat ini berasal dari banyuwangi lebih tepatnya di daerah kemiren. Rumah adat ini terdapat di desa wisata osing banyuwangi.
  • Rumah adat suku tengger, rumah adat ini berasal dari suku tengger yang berada di kaki gunung bromo. Suku ini terkenal dengan tradisinya yang sudah sangat mendunia.
  • Rumah adat limasan, rumah adat ini sekilas mirip dengan bentukrumah joglo akan tetapi kemiringan tiap emperan berbeda
  • Rumah adat dhurung, rumah adat ini berasal dari bawean dan memiliki bentuk yang unik di bagian atapnya. Bagian bawah rumah ini dibuat seperti bale – bale yang kosong dan bagian atasnya seperti panggung untuk menyimpan berbagai Rumah ini biasanya hanya digunakan untuk istirahat sementara setelah lelah bekerja.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *