Sebagaimana budaya orang Timur, setiap acara yang diadakan biasanya ditutup dengan makan bersama. Setiap makanan yang dikonsumsi ditentukan oleh pemilik acara. Karenanya, pemilik acara harus memilihkan variasi menu nasi box yang tepat dan berkualitas. Biasanya dalam nasi box dibutuhkan protein, karbohidrat dan buah-buahan. Karenanya, penting untuk mengetahui masing-masing menu makanan yang cocok untuk disajikan untuk peserta acara.

 

Pemilik acara, dalam hal ini, panitia harus memilihkan restauran yang terbaik. Lebih dari itu, usahakan untuk memilih restauran yang memiliki menu dengan pilihan yang beragam. Sehingga nasi box yang diberikan adalah nasi box yang cukup memenuhi kebutuhan vitamin dan memuaskan rasa lapar peserta. Lantas, menu apakah yang dapat diberikan bagi peserta acara? Ketahui beberapa menu pilihannya, dengan membaca artikel berikut.

pxhere.com

Pilihan Variasi Menu Nasi Box untuk Acara Anda

Banyak pilihan menu yang dapat dijadikan isian nasi box untuk acara. Namun pada umumnya, anda dapat memilih menu-menu makanan seperti dibawah ini,

  1. Menu Tongseng Ayam

Menu yang paling banyak ditemukan saat acara adalah campuran nasi putih, tongseng ayam dan tempe goreng. Sedangkan pelengkapnya diberikan tambahan mie goreng dan sambal. Menu ini cocok diberikan untuk acara-acara yang tidak terlalu besar. Serta, cocok dijadikan pilihan untuk anda yang memiliki peserta banyak namun dengan budget yang dimilikki minim.

 

  1. Menu Ayam Goreng

Selain dijadikan sebagai tongseng ayam, biasanya menu ayam dijadikan sebagai ayam goreng. Menu ayam goreng dijadikan sebagai makanan utama, serta pelengkapnya adalah sambal, lalap dan kerupuk. Menu ini biasanya diberikan untuk anak-anak mahasiswa yang mengadakan acara. Namun, jika dana tidak terlalu besar, sebaiknya carilah menu lain yang tersedia di restauran ini.

 

  1. Menu Bandeng Goreng

Pilihan menu berikutnya adalah menu bandeng goreng. Menu bandeng goreng cocok diberikan untuk acara-acara formal, seperti acara keagamaan atau acara lainnya. Biasanya didalam nasi box akan ditambahkan tumis buncis, sambal serta buah. Karena sudah mengandung buah, harga dari nasi box ini cukup mahal dan tergolong sebagai nasi box lengkap.

 

  1. Menu Udang Balado

Pada kantor-kantor pemerintahan, nasi box juga banyak diberikan untuk acara tertentu. Menu yang diberikan biasanya udang balado, kering tempe dengan nasi putih. Penutupnya akan diberikan buah sesuai dengan permohonan panitia. Namun biasanya pilihan buah yang diberikan adalah pisang, semangka, jeruk ataupun melon.

 

  1. Menu Gurame Crispy

Untuk acara-acara tertentu makanan yang diberikan lebih lengkap dari menu sebelumnya. Menu yang dimaksud berisikan, ayam goreng, gurame crispy, sambal goreng kentang, capcay bakso dengan tambahan sambal. Sedangkan makanan penutupnya adalah buah, serta tidak lupa diberikan tambahan kerupuk. Sayangnya, nasi box ini memiliki harga yang cukup mahal.

pxhere.com
  1. Menu Makanan Khas Jogja

Pada satu waktu mungkin dibutuhkan nasi box dengan menu makanan khas. Menu dengan makanan khas Jogja, misalnya Gudeg, gudangan, tempe bacem atau pilihan makanan lain. Untuk mencari menu makanan khas Jogja, carilah layanan nasi box Jogja terdekat. Karena tidak semua restauran yang menyediakan makanan-makanan khas daerah tertentu.

 

  1. Menu Makanan Khas Batak

Tidak hanya makanan khas Jogja, banyak pula yang mencari restoran dengan makanan khas Batak. Pilihan makanan yang disediakan seperti ikan arsik dan makanan-makanan yang menggunakan andaliman lainnya. Untuk membantu mencari menu makanan khas batak di sekitar Jogja, carilah melalui media sosial. Karena banyak informasi yang tersedia di sana.

 

  1. Menu Makanan Sederhana

Selanjutnya adalah menu yang cocok untuk anda yang tidak memiliki dana besar dalam acara. Karena menu yang satu ini tergolong sederhana dan bisa didapatkan diberbagai restoran. Menu ini biasanya menyediakan nasi putih, semur telur dengan mie goreng. Sedangkan tambahannya adalah kerupuk. Namun, menu ini tidak dilengkapi dengan buah-buahan sebagai penutup.

pxhere.com
  1. Menu Makanan Khas Manado

Berikutnya merupakan menu makanan khas Manado. Menu ini diberikan dalam acara-acara adat di Indonesia, seperti acara adat Manado. Menu yang diberikan berupa ayam woku-woku dan gulai daun singkong teri. Melalui dua menu tersebut, tambahan yang diberikan tidak terlalu penting. Karena inti dari nasi box adalah kedua menu yang telah disampaikan sebelumnya.

 

  1. Menu Nasi Kebuli

Tidak hanya makanan-makanan daerah, restoran yang baik memiliki menu-menu dari negara lain. Contohnya, menyediakan nasi kebuli. Walaupun menu ini cukup mahal, pilihan menu ini wajib ada dalam menu. Karena, menu banyak dinikmati oleh acara-acara dengan budaya arab. Jangan lupa masukkan pula tambahan lauk, seperti ayam kebuli dan perkedel kentang daging.

 

  1. Menu Daging Sapi Lada Hitam

Terakhir, pilihan menu yang biasa diberikan adalah menu daging sapi lada hitam. Menu ini banyak diberikan untuk acara-acara formal, seperti acara sekolah. Variasi menu nasi box ini tidak memiliki harga yang terlalu mahal. Bahkan cenderung memiliki harga yang sama dengan menu yang lainnya.

Berbagai menu lainnya dapat ditemukan di restoran lain. Namun, penting diperhatikan adalah harga dari setiap variasi menu nasi box yang dipilih. Jangan sampai harga yang diberikan berlebihan dan tidak sesuai dengan budget yang tersedia.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *